Tuesday, January 10, 2017

Rahasia Agar Tetap Energik Sepanjang Hari Sebagai Trainer Dengan Vitalis Glomorous Fragnanced Body Spray

Menjadi Trainer merupakan hal baru sepanjang karir saya bekerja di dunia HRD khususnya People Development. Sebelumnya saya hanya berkutat dalam proses recruitment maupun assessment dari interview kandidat pelamar hingga memberikan feedback kepada assessee. Tampaknya dunia kerja saya takkan jauh dengan lingkup orang. Namanya juga HRD tentunya berkutat seputar permasalahan orang lain.


Berbicara Trainer sendiri sungguh diluar dugaan saya, sangat berbeda berdiri di depan publik yang notabene orang lain baru dikenal ketika memberikan intruksi test saat masih menjadi recruiter dan saat berdiri didepan karyawan untuk deliver materi training atau transfer knowledge. Semasa menjadi recruiter saya terbilang kaku, pasalnya intruksi tes ya sudah baku dari zaman alat tes dibawa ke Indonesia tidak akan berubah intruksi pengerjaannya hingga masa kini.

Namun sebagai trainer, saya tidak bisa menjadi kaku seperti petugas upacara yang sedang membacakan UUD 1945. Ada beberapa keterampilan yang harus saya lakukan, keluwesan dalam menyampaikan informasi kepada karyawan tentunya menjadi modal utama agar training berjalan dengan cukup menyenangkan. Sangat berat memikul beban menjadi trainer yang mengharuskan peserta training tidak akan dilanda kebosanan dan diakhir training tentunya ada perubahan bagi peserta training baik knowledge maupun perilaku.

Tentunya dalam hal ini menuntut saya untuk tampil energik sepanjang training berlangsung serta kreatif dalam memandu acara training. Bukanlah hal mudah untuk bisa menghidupkan suasana kelas tetap hidup apalagi setelah jam makan siang, tak dipungkiri rasa kantuk akan menghinggapi peserta training jika seorang trainer tak cakap dalam meramaikan suasana trainingnya.

Kebayang dong kalau saya sebagai trainer tidak energik, yang ada suasana kelas pasti sunyi senyap, peserta training banyak yang menguap karena mengantuk, memainkan HP karena bosan bahkan lebih parahnya lagi keluar ruangan kelas karena sudah tak sanggup mengikuti training yang ga bikin semangat. Apabila trainernya energik maka tentu peserta training juga merasakan semangat berkobar-kobar untuk mengikuti kelas hingga akhir.

Karenanya tak mudah bagi seorang trainer pemula seperti saya untuk bisa deliver materi training. Dan berikut beberapa rahasia yang ingin saya bagikan, cara saya tetap energik dan selalu membuat suasana kelas dalam membawakan training :

1. Menguasai Materi

Sebagai seorang trainer yang bertugas untuk mentransfer knowledge maka yang diharapkan adalah saya mampu menguasai materi yang akan diberikan. Hal ini tentunya menjadi modal utama trainer, terlebih jika ada sesi tanya jawab maka penguasaan materi yang baik akan semakin membuat peserta antusias mengikuti acara trainingnya.

Dalam upaya penguasaan materi, biasanya saya mencoba banyak belajar dan membaca buku hal ini berguna selain menambah pengetahuan sebagai trainer tentunya menambah kosakata yang enak untuk digunakan dalam menyampaikan materinya. Tentunya menambah rasa percaya diri dan energik dalam diri jika saya sampe hatam menguasai materi trainingnya.



2. Action

Sebagai seorang trainer itu tidak hanya cukup pandai bicara dan berdiri dihadapan banyak karyawan. Akan tetapi ada beberapa hal pula yang harus dikuasai agar senantiasa memukau dan disukai peserta training. Biasanya saya akan dipandu Pak Boss untuk diberitahukan mengenai rancangan acaranya. Misalnya jika sudah terlihat gerak-gerik peserta banyak melamum, main HP, menguap maka tandanya saya sebagai trainer untuk bisa memberikan Energizer agar semangat mereka kembali muncul.

Biasanya ada sedikit permainan atau sekedar olah tubuh agar senantiasa peserta training tidak bosan. Dan saya mesti berani malu dan penuh percaya diri apalagi jika energizernya berupa olah tubuh yakni joget. Karenanya sebelum training dimulai saya biasa rencanakan dahulu kegiatannya hal ini membuat peserta menjadi semangat kembali.

Bersama peserta melakukan Chicken Dance

3. Perfoma Diri

Seorang Trainer itu akan selalu berhadapan dengan banyak orang, karenanya perfoma diri haruslah diutamakan. Masalah berpakaian sendiri berhubung kantor saya menetapkan seragam maka soal pakaian sudah tak jadi masalah. 

Selain pakaian yang bisa menambah rasa percaya diri, biasanya saya menggunakan parfum alasannya karena saya banyak gerak, harus tampil energik maka tidaklah mungkin seorang trainer memiliki aroma khaseum hal ini tentunya tidak sedap jika dihadapkan dengan para peserta training terlebih saya banyak gerak. Karena itu saya akan memilih parfum yang memiliki aroma yang bertahan lama sepanjang hari alasannya simple agar saya penuh percaya diri membawakan trainingnya. 

Salah satu yang mampu menjawab pertanyaan saya tersebut adalah "Vitalis Glomorous Fragranced Body Spray". Ada 3 varian yang dikeluarkan Vitalis Glomorous Body Spray ini :


a. Fantasy dengan packaging berwarna Pink 

b. Dream dengan packaging berwarna Biru
c. Sheer dengan packaging berwarna Ungu

Di Botol ada petunjuk pemakaiannya cukup disemprotkan dengan jarak 15 cm ke beberapa bagian tubuh. Kalau saya biasanya ke Pergelangan tangan, leher, dada dan belakang telinga. Biar ga menyengat jangan menyemprot berlebihan. Saya biasanya gunakan setelah mandi biar makin fresh.

Botol "Vitalis Glomorous Fragranced Body Spray" ini berbahan kaleng dengan kemasan spray. Jadi bagi saya yang mobile tidak perlu khawatir pecah. Satu botol berisi 100 ml. Harganya terjangkau ga bikin kantong jebol hanya Rp 25.000 saja. Sudah mendapatkan logo halal dari MUI loh tentu menjadi nilai plus bagi kita.


Menurut saya wewangian dari perfum "Vitalis Glomorous Fragranced Body Spray" membuat saya senantiasa Glomour, Lebih Fresh dan Confident. Sehingga saya berasa energik banget dalam membawakan acara training, meskipun saya ga dandan ala pesta namun dengan menyemprotkan
"Vitalis Glomorous Fragranced Body Spray" saya merasa glamour.

Setelah beberapa kali mencoba ternyata saya jatuh cinta sama wangi "Dream" yang packagingnya biru. Wanginya soft banget sesuai sama kepribadian saya yang juga soft xixixi. Dan awet banget wanginya padahal udah seharian gerak. Gimana mau mencoba teman-teman?mau yang biru, pink atau ungu semuanya tergantung selera masing-masing.


Sekali semprot saja sudah mampu membuat saya berasa Glamorous dan Admiration. Nah buat teman-teman yang merasa suka selfie kek saya yuk coba intip :


Ada lomba foto bersama "Vitalis Glomorous Fragranced Body Spray" dengan hadiah utama perhiasan SWAROVSKI senilai jutaan rupiah berakhir 28 Januari 2017. Yuk mumpung masih ada beberapa waktu lagi persiapkan untuk foto OOTD dengan tema Party dan Dress Code Glomaur Dress.

Sekian rahasia ala saya agar selalu tetap energik, segar sepanjang hari sebagai trainer. Cukup semprotkan "Vitalis Glomorous Fragranced Body Spray" saya bebas bergerak dan tampil memukau *ecieee*. Ada yang mau seperti saya?silahkan langsung berburu "Vitalis Glomorous Fragranced Body Spray" di toko terdekat. Bocoran gegara saya bawa Vitalis ke kantor rekan kerja saya jadi pada mau loh. So karena baik hati dan tidak sombong saya kasih yang Fantasy dan Sheer biar mereka bisa seperti saya tetap energik sepanjang hari. 
 


48 comments:

  1. ihik, cetar amat sih si eneng udah posting yg ini.. aku lagi cari ideeee... tapi emang kusuka tuh wanginya si vitalis ini.. plus ngga enek kalau disemprot2 berulang kali hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...Dl bentr lagi mih ayo ayo direview :p

      Delete
  2. Aku fokus ke chicken dancenya masa ahahahhaha
    Btw mau dunk mb ditraining biar aku nda jadi katak dalam tempurung eaaak

    Klo jadi omateri gitu aku kok ingetnya pas sidang skripsweet ya, kudu jaga2 sapa tau ada yang ngasi pertanyaan susah, jadinya belajar materinya bener2 tuh

    Btw aku baru tau ada lomba foto perfum ini, mau ah nyari dulu di minimarket wkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk ayo mba buruan beli trus upload fotonya sapa tahu jadi pemenang perhiasan SWAROVSKI senilai jutaan rupiah.

      Delete
  3. Replies
    1. COba ke suami, suamiku suka yang ungu "Sheer" tergantung selera kang

      Delete
  4. Mampu menguasai materi yang akan diberikan atau yang akan disampaikan sangatlah penting.
    Gaya bicara atau intonasi dan olah tubuh sangat penting juga agar bisa menguasai tempat dan menguasai hati peserta trainer.
    Jangan sampai peserta bosan dan asek ngobrol dengan temannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Kang modal utama itu kalau kita keliatan banget ga bisa maka y uda deh peserta bakalan kabur

      Delete
    2. Masih untung peserta kabur, kalau peserta menganggap kita tak ada ,repot kan ??

      Delete
  5. Menang lagi, Amien. Tiap kali baca naskah lomba dirimu emang total banget, mba 😊😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin makasi y miss semoga doa miss menembus langitNya dan terkabul xixixi

      Delete
  6. Menjadi seorang trainer emang kudu komplit. Harus multitalent deh.

    Mba Herva, aku gak nyangka dirimu begitu cetar.. HHhaha

    Ajarin aku chiken dance dong, hihihihi..

    ---

    Ada lomba vitalis ya? Hahaha, ampun bulan ini sepertinya aku skip lomba-lomba, masih ngap dengan kerjaan (alibi, sebenernya lagi gak ada ide)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk cetar membahenol berani malu mba Eri :p
      iya sok mba ikutaaann hayu plg telat tgl 13 masi ada waktu

      Delete
  7. kalo tubuh wangi, pede jadi lebih tinggi ya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba semakin nambah confident buat cuap2 hahaha

      Delete
  8. Chicken dance dipadu spray vitalis, enerjik sepanjang hari deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba bikin peserta senang hati saya pun gembira trainingnya berjalan lancar

      Delete
  9. memang kerja seharian itu kudu didukung sama yg satu ini supaya tetap memberi kesan segar jd peserta training ikutan semangat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba perfoma diri itu penting selain penguasaan materi

      Delete
  10. Belum pernah nyoba wewangian ini. Ntar kalo ke minimarket nyobain endus-endus wanginya dulu deh.

    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat mencoba mba semuanya harum tapi selera tak bisa dipaksa xixixi temenku sukanya yang Sheer satu lagi yang Fantasy klo aku malah dream :) ayo berburu mba jangan lupa ikutan lomba fotonya

      Delete
  11. wihh..makasih ilmunya nih mba seorang trainner..heheh
    ampe joget-joget nihh mbaa..hhehheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama kang hahaha selamat mencoba chicken dance

      Delete
  12. Yesss... Saya dapat tips yang bisa saya ingat "jika sudah terlihat gerak-gerik peserta banyak melamum, main HP, menguap maka tandanya saya sebagai trainer untuk bisa memberikan Energizer agar semangat mereka kembali muncul."

    Makasih mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kang selamat mencoba y mudah2an bermanfaat makasi banyak apresiasinya jangan bosan mampir sini hahaha

      Delete
  13. mau di ajarin duongg chicken dance-nya. lucu pasti hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya mba harus berani malu karena gerakannya geol2 kepak2 tangan :p

      Delete
  14. Saya baru tau Vitalis rilis body spray, jadi inget dulu masih kuliah suka banget sama lotionnya :)

    ReplyDelete
  15. Wah lagi lomba ya mbak.. Vitalis juga memang wangi ya mbak.. Dan enak dicium.. Semoga menang dn salam kenal mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin makasih y mba Vika uda mampir :)

      Delete
  16. Mba herva trainer ya, wah chiken dancenya penasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba serach di youtube mba nada sama gerakannya asik xixixi

      Delete
  17. Itulah resiko trainer yang cantik maaak ;) jadi kudu wangi :D ha ha ha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh langsung ambil kaca dipuji mba hahahha

      Delete
  18. Wah, jadi trainer itu job impianku lho mbak... Sukses buat mbak Herva yang selalu energik!

    ReplyDelete
  19. jd pgn sangu vitalis jg nih mbk kalok kuliah,
    hahayyy

    ReplyDelete
  20. Trainer emang kudu wangi yaaaa. Biar para pesertanya makin semangat ngikutin trainingnyaaa. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba biar ga pingsan juga kalau tau trainernya bau hahaha

      Delete
  21. ini mempan ga ya buat Padmi hahaha..
    aku sampe mabok nyari solusi bau badan huhuhuhuuhu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk cobain mba semoga Padmi sehat walafiat :D
      duh senangnya dikunjungi kompor mledug wkwkwk

      Delete

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

 

Bunda Nameera's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design