POSTS SLIDER

I'm writing about...

Pengalaman Delay 5 Jam Bersama Wings Air di Bandara Adi Soemarmo Solo

Pagi itu pukul 06.00 wib saya sudah check out dari Hotel Syariah Solo, bergegas untuk breakfast namun perut rasanya udah ga bisa kompromi karena saking senangnya hari itu adalah hari kepulangan saya setelah 6 hari melanglang buana menjalankan tugas kantor di 2 cabang sekaligus cabang Bali dan Solo semacam roadshow kek artis-artis saja mengejar deadline.

Setelah breakfast sekedarnya, saya langsung menuju mobil yang sudah disiapkan oleh pihak hotel Syariah Solo mengantarkan saya menuju Bandara Adi Soemarmo Solo.

Jam menunjukkan pukul 06.20 wib dan tiba di Bandara 06.35 wib tidak terlalu jauh juga jaraknya antara hotel dan bandara sehingga saya sudah tiba tanpa kebut-kebutan pula tanpa menghadapi kemacetan lalu lintas juga.

Rasa rindu sudah semakin membesar sehingga saya yang sudah berada di waiting room tak sabar menunggu panggilan untuk segera ke pesawat.

Penerbangan Solo-Bandung hanya ada maskapai Wings Air yang ditempuh dengan waktu kurang lebih 1 jam. Karena saya memilih penerbangan 07.25 wib maka estimasi saya tiba di rumah sekitar pukul 09.30 wib.

Hari itu pula, Neyna akan check up ke dokter sehingga planningnya dari Bandara saya segera menuju rumah sakit menjemput Neyna. Koordinasi dengan suami bahkan dengan tukang taksi langganan sudah dilakukan.

Benar-benar rasanya saya ingin segera sampai Bandung coret a.k.a Cimahi. Sambil menunggu panggilan, saya memainkan HP dan menjadi narasumber buat salah satu survey yang dilakukan oleh restoran siap saji. Dengan mendapatkan 2 gantungan sebagai balasan informasi yang digali dari saya.

Waktu sudah menunjukkan pukul 07.30 wib namun belum juga ada panggilan penumpang segera bersiap menuju pesawat.

Akhirnya pukul 08.00 wib diumumkan bahwa penerbangan ke Bandung mengalami penundaan untuk waktu yang tidak dapat ditentukan silahkan mengambil snack sebagai kompensasinya di gate tersebut.

Lemas Hayati dengernya, udah gagal semua planning yang tersusun rapih, begitulah memang manusia hanya bisa berencana.

Delay pesawat wings air, tips membunuh bosan selama delay, kompensasi dari wings air karena delay, kompensasi pesawat delay lebih dari 1 jam

Pengalaman Delay Pesawat Wings Air

Selama menggunakan tranportasi pesawat baru kali ini saya mengalami namanya keterlambatan penerbangan atau lebih dikenal dengan Delay.

Masih ada untungnya karena delay selama 5 jam. Pihak Wings Air menginformasikan jika pesawat yang hendak menuju Bandung ada sparepartnya entah yah diganti atau apa yang jelas spare partnya ada di Batam.

Solusi yang diberikan penumpang menunggu pesawat Wings Air lain yang akan mendarat di Bandara Adi Soemarmo. Tambah sempoyongan dengerin informasi yang diberikan.

Jujur saya udah badmood banget, cuman liat ada satu keluarga yang hendak ke Bandung artinya satu pesawat dengan saya nanti begitu ceria. Terdiri atas 4 orang, ayah, ibu dan 2 anak lelaki. Mereka ga keliatan bete atau kecewa justru tetap hepi. Bahkan kedua anaknya malah belajar berhitung serta mengisi PR.

Pemandangan yang bikin saya meleleh, sebenarnya saya pun bisa have fun jika saya tidak punya janji sana sini. Namun kadung buat janji ealah malah batal ini yang bikin kecewa.

Memperhatikan keluarga tersebut seolah biasa saja, malah satu anak lelakinya tidur-tiduran, tertawa feels like home hahaha. Saya akhirnya mengobati kekesalan berjalan keluar kebetulan mau ambil uang akhirnya cari angin keluar waiting room.

Lumayan bikin mood balik lagi. Tak lama saya keluar, bapak dari keluarga tersebut menyapa saya dan menginformasikan bahwa kita akan menggunakan pesawat Wings Air lain dan akan diberikan kompensasi berupa uang juga.

Jam menunjukkan pukul 10.30 wib, pengumuman untuk para penumpang  Wings Air menuju Bandung kembali disuarakan. Kali ini saya segera menuju sumber suara, dan ternyata ada beberapa kompensasi yang diberikan perihal keterlambatan penerbangan ini.

Kompensasi Yang Diberikan Saat Pesawat Delay Lebih dari 1 Jam

1. Makan Siang

Saya bersyukur ternyata dapet juga makan siang secara tadi di hotel makan ga bener saking ngebet pengen pulang ke Bandung. Walaupun makan siang dengan menu seadanya lumayanlah meredam emosi juga daripada ga dapet sama sekali hahaha.

kompensasi-delay-pesawat-wings-air

2. Uang

Nah ini yang bikin saya kaget, ternyata memang sudah aturannya jika delay lebih dari 4 jam akan mendapatkan uang kompensasi sejumlah 300ribu rupiah.

Caranya ke bagian informasi, di fotocopy tiket check-in plus KTP kemudian mengisi form yang dibubuhi tanda tangan saya plus petugasnya. Hal ini ditujukan ketika hendak menaiki pesawat ditukar dengan uang.

kompensasi-delay-pesawat-wings-air

Sebelum diberikan makan siang, pagi harinya juga diberikan snack tapi saya ga ambil hahaha. Menunggu memang membosankan akan tetapi ini berada diluar kendali kita.

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Selama Menunggu Pesawat Delay

Nah ada beberapa tips yang bisa dilakukan selama menunggu pesawat yang delay ala saya :

1. Tidur

Sebagai upaya meredam emosi, setelah perut kenyang memang larinya ke mata. Maka saya memutuskan untuk tidur di kursi. Hal ini lumayan membantu untuk merileksan tubuh yang tegang dan capek karena menunggu.

Tapi harus tetap pasang kuping ya jangan sampai kebablasan kayak ibu yang ada disebelah saya ini begitu terlelap sampe-sampe saya bangunkan karena tiba waktunya untuk naik pesawat.

Selepas dibangunkan si Ibu tiada henti mengucapkan terimakasih kepada saya karena betul-betul ia tidak mendengar pengumuman keberangkatan. So waspadalah jika terbang sendiri kalau tidur jangan terlalu pulas, minimal minta sebelah kita untuk dibangunkan kalau-kalau ada pengumuman.

kegiatan-yang-bisa-dilakukan-selama-delay
kenalan baru yang tertidur

2. Baca Buku

Untunglah buku selalu menemani perjalanan saya. Sehingga membunuh waktu bosan di bandara terobati dengan menutrisi otak lewat buku. Jika tidak membawa buku minimal pergi ke tobuk yang ada di bandara karena disitu juga menjual aneka ragam buku.

3. Kenalan

Daripada ngegerutu ga jelas, mengutuk maskapainya yang juga ga bisa mengubah keadaan mendingan coba mencari kenalan baru sesama penumpang.

Tak hanya menambah relasi akan tetapi kita juga bisa mendapatkan pengalaman baru dari orang lain perihal kota yang telah kita singgahi. Sapa tahu juga di lain waktu bisa bertemu kembali sehingga ga ada salahnya kita mencoba sok kenal sok dekat. Ampuh bin sukses cara ini bikin waktu tak terasa lama.

4. Keliling Bandara

Suntuk sudah pasti jika kita menunggu saja ditempat duduk, jika ketiga cara diatas sudah dilakukan dan masih saja terasa badmood coba lakukan untuk berkeliling bandara.

Sapa tahu ketemu artis hahaha. Dan beneran loh saya ketemu artis jadul pemain band yang udah tua lupa namanya tapi banyak cowok yang kenal minta foto ke beliau. Saya mah lempeng aja deh cukup memperhatikan diam-diam *padahal dalam hati juga mau foto bareng* :D

5. Main HP

Bagi sebagain orang pasti lebih memilih cara ini untuk menghilangkan bosan, badmood yang melanda. Saya pun terakhir hanya bisa main HP, update status, kasih kabar ke keluarga lumayan siy bikin emosi kembali stabil.

****
Dari kejadian ini saya belajar "Tak selamanya rencana indah yang saya buat berjalan dengan mulus, menyadarkan saya sebagai manusia bahwa memang kita hanya bisa berencana dan hanya Alloh yang bisa memastikan serta menentukan maka menerima dengan legowo setiap kejadian itu adalah obat mujarabnya".

Jika ditanya kapok terbang dengan Wings Air? ga juga siy selama ini kalau ke Solo ya cuman pake Wings Air doank dan kejadian ini juga baru sekali saya alami dan ga merubah saya untuk menggunakan yang lain *ecieee kayak iklan* bukan iklan loh :p.

Gimana ada yang pernah mengalami delay juga? semoga kita ga menjadi penumpang sumbu pendek yang cuman bisanya marah-marah ga jelas, tetap berpositif thinking, keep kalem dan terima segala kompensasi yang memang sudah diatur oleh pihak maskapai.

Demikian mengenasi kompensasi yang didapat saat delay pesawat lebih dari 1 jam.

Selamat menunggu syantiek jika mengalami delay.