Monday, June 6, 2016

Menemukan Job&Kandidat Yang Pas Di Jobfair

Alhamdulilah yang lain masih libur dan tidur, saya sudah masuk dari jam 7 pagi. Jalanan sepi sampe ngebut ga kerasa. Ramadhan yang dinanti akhirnya tiba, buat Working Mom tetap semangat kita pasti bisa jalanin ramadhan ini dengan berbahagia. (semangatin diri sendiri juga hehehe). Mari kita menulis disini.

Beberapa minggu kemarin saya disibukkan dengan aktifitas jobfair, lumayan menguras tenaga karena jobfairnya di adain di Cikarang dan Bandung. Ternyata masih ada yang ga ngerti apa si jobfair?pasalnya pas saya jaga jobfair di Kantor Bupati Bandung Barat ada yang nanyaain ini teh kegiatan apa neng?saya jawab jobfair, tapi tetap si ibu ga mudeng juga. Karena itu saya mau coba nulis tentang event jobfair.

Jobfair sendiri merupakan kegiatan atau suatu event yang diselenggarakan khusus untuk mencari kerja bagi jobseeker dan mencari calon pekerja bagi perusahaan yang mengikuti kegiatan jobfair ini. Umumnya jobfair ini ada EO yang bertanggungjawab baik EO-nya dari Disnaker seperti yang saya ikuti di KBB, atau di kampus seperti yang saya ikuti di kampus ATMI (akademi teknik mesin industri) Cikarang atau EO lainnya yang suka nyelenggarain event jobfair atau career expo atau bursa kerja ini.

Yang mengikuti jobfair biasanya puluhan perusahaan yang memang sedang mencari talent untuk menempati posisi tertentu. Dan para jobseekernya tidak hanya yang lulusan S1 tapi terbuka untuk semua lulusan asalkan ada pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi yang mereka miliki. 
Menurut saya pribadi event ini sangat bermanfaat jadi bisa mengurangi tingkat pengangguran yang ada. Bagi jobseekernya sendiri juga bisa langsung melamar dan mengikuti proses seleksi yang ada di perusahaan.

Perusahaan yang mengikuti jobfair biasanya akan menyewa satu stand dengan posisi yang dirasa akan dilihat banyak pelamar tentu harganya juga menyesuaikan dengan stand tersebut. Perusahaan biasanya menyiapkan stand semenarik mungkin jadi para jobseeker langsung tertuju mengunjungi stand tersebut. Isi stand standar si cuman ada meja yang diisi dengan display produk perusahaan jika ada, kursi, background yang ditempel pada partisi stand, standbanner yang diletakkan di depan stand sisanya penjaga stand membagikan leaflet yang isinya posisi yang dibutuhkan. Tapi ada juga perusahaan yang niat banget hias standnya dengan membawa LED berisi company profile.

Bersama Kompetitor (Dyna Plast) Di Jobfair ATMI 2016
Bagi jobseeker sendiri siapkan lamaran lengkap hardcopy maupun softcopy yang sudah di masukan kedalam flashdisk. Biasanya perusahaan akan meminta jobseeker untuk menaruh lamaran maupun mengisi form lamaran kerja. Meski acara jobfair bukan acara formal dalam menyeleksi tapi please jangan bikin penilaian negatif bagi penjaga jobfairnya. Usahakan ber-attitude baik, menggunakan pakaian rapih dan sopan selayaknya jika dipanggil perusahaan. Bagi kami recruiter biasanya kami pun sudah menyeleksi para jobseeker yang datang untuk lanjut proses tes maupun interview.

Kejadian yang pernah saya alami ada jobseeker ngeselin, banyak nanya yang ga penting ujung-ujungnya minta nomer HP. Belum tahu dia eike uda punya buntut hahaha (kibas lamaran). Ada juga yang bersikukuh untuk masukin lagi lamaran padahal doi udah berapa kali ikut tes dan ga lolos tapi dia masih bilang "mba saya ikut lagi y" langsung ditandai yang begini hehehe. 

Hasil lamaran yang masuk melalui jobfair biasanya saya pilah dan pilih sesuai kebutuhan. Ada yang langsung saya undang untuk mengikuti tes dan ada yang saya jadikan database karena saat ini ga butuh mungkin lain waktu butuh dengan kualifikasi yang ada pada jobseeker tersebut. Jadi melalui event jobfair ini biasanya saya sebagai recruiter akan menemukan kandidat yang oke sesuai kebutuhan dan bagi jobseeker sendiri tentunya akan menemukan job yang sesuai dengan kualifikasi dirinya.

Bagi saya sebagai tim recruitment menunggu stand jobfair kadang bikin bosen kalau pelamarnya sedikit yang dateng, bikin pusing kalau pelamarnya banyak hahaha serba salah. Kalau sepi biasanya saya manfaatin buat keliling stand lain sapa tahu juga saya minat untuk move on ke perusahaan lain hahaha. Tapi biar ga bete biasanya saya suka selfieh sukaesih menghilangkan bosan. Begini jadinya deh :

Jobfair Tahun 2015
Buat jobseeker maupun perusahaan biasanya event jobfair ini akan diumumin jauh-jauh hari jadinya baik jobseeker maupun tim recruitment perusahaan bisa prepare. Adapun di Bandung biasanya sering diadakan event jobfair di Braga atau Siliwangi (lupa gedungnya apa hehe). Kalau saya sendiri pernah jaga stand di Balai Kartini Jakarta tahun 2011, di TMII tahun 2010, di Mall Bekasi (BCP) sama grandmall tahun 2012, di Braga Bandung, Di Siliwangi Bandung, Kampus UNPAR Bandung, Kampus ATMI Cikarang dan terakhir minggu kemarin di Kantor Bupati Bandung Barat sayangnya di outdoor berasa banget sauna.

Sekian cerita saya tentang jobfair, semoga yang masih jobseeker bisa rajin ikutin event jobfair hingga menemukan job yang pas dihati dan bagi perusahaan bisa menemukan kandidat yang sesuai kebutuhan.


8 comments:

  1. lagi mau cari kerjaan baru, eh ada posting ini, di bekasi belum ada jobfair lagi nih :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bulan puasa jarang kang untuk adain jobfair plus jarang pula proses prekerutan karyawan, sabar aza dlu paling dibuka abiz lebaran. Bisa cari aza ke jobsdb, jobstreet, atau karir.com barangkali ada yang posting kebutuhan. selamat mencoba hehehe

      Delete
  2. bundanya neng namee manis laa :D minta hape dong (<--abaikan godaan ini)
    saya suka lho datang ke jonfair gitu kalau ada kesempatan, meski IRT aja. Entah ya, ada semangat baru dan siapatau aja dapat info berguna bagi yang sedang berburu job^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha bisa aza mba, iya mba banyak info sapa tau aza kecantol dari sekian banyak stand perusahaan ^^

      Delete
  3. Kalau ngomong aja suka grogi, ngga masuk perhitungan ya mbak kalau wawancara gitu #ituaku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blm tentu mba kan pas jobfair seleksi administrasi setelah itu masuk tahapan tes dan interview. Grogi kan pada umumnya semua orang juga pasti mba apalagi ketemu org baru yg nanya2 hehehe. Diterima atau tidaknya kan ga dari grogi juga tapi melihat kompetensi yang mba miliki :)

      Delete
  4. Waktu masih jadi mahasiswa, suka ikut-ikutan job fair. Begitu lulus, malah nggak mau ikut lagi. Crowded banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba kalau eventnya di spot tertentu emang crowded pisan hehehe

      Delete

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

 

Bunda Nameera's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design