Wednesday, April 27, 2016

Tips Biar Job Target Sesuai Deadline

Dalam bekerja tentunya akan banyak sekali informasi baru yang diterima kita setiap harinya. Baik itu tugas dari pak Boss maupun pesan khusus yang di berikan pihak-pihak lain baik eksternal maupun internal. Jika kita lupa saja kapan deadline-nya wasalam sudah di pastikan pintu terbuka lebar buat kita keluar terus guling-gulingan sepanjang pabrik karena kekacauan dunia persilatan cuman gara-gara lupa doank hahaha agak ekstrim y tapi paling banter siy bagi kaum hawa biasanya langsung lari dan masuk toilet, giliran di gedor doi keluar dengan mata abis nangis giliran ditanya kenapa?ga kok tadi iseng mukulin mata pake sikat (malu). Prolognya agak ekstrim ya tapi ini sering terjadi so gimana y biar tidak terjadi adegan seperti di atas?saya punya cara sendiri ni.

Adapun cara saya agar tahu waktu dan bisa melakukan planning n organizing dalam bekerja, biasanya saya lakuin hal berikut :


1. Sediain sticky note yang banyak, buat ditempel di segala penjuru yang isinya full info penting cinnn.
   1.1 Untuk penyimpanannya biasanya saya deketin dengan alat tulis lalu tata letaknya biarkan ia selalu bersandar cailah bahasanya hehehe ada di samping telepon hal ini berguna untuk mencatat langsung info penting yang selalu diberikan pihak lain kepada kita. Ga enak kan kalau misalnya uda di telepon orang lain terus pas mau catet info pentingnya kita mesti dulu cari pulpen dan kertas. Iya kalau sedia selalu kalau ga ada masa iya catet di meja (zaman sekolah banget ni ngalamin meja cokelat buat di tulisin rumus dan ini menjadi ilham pas waktunya ulangan :p). Harapannya setiap info maupun tugas baru bisa segera selesai kalau lagi liat ni notes.

Doc. Pribadi
Doc. Pribadi


2. Untuk reminder job target biasanya saya coret-coret tuh kalender jadi pas liat kalender bawaannya on fire buat ngetik di blog *lempar leptop sama pak boss. Kalau saya terbiasa ni tandai di kalender emang siy merusak pemandangan buat diliat cuman kalau saya coret di agenda ntar lupita buahaya banget deh. Apalagi agenda jarang banget diliat selalu tersimpan di laci. 

Doc. Pribadi


3. Tugas dapat segera deh bikin planningnya jadi tahu hari ini saya mesti ngapain kalau ga tercapai y besoknya lagi usahain jangan sampe molor. Pokoknya ada target untuk progress pembuatan project. Jangan sampe pas ditagih bener-bener ga ada progress sama sekali. Kalau uda begini ditandai pak boss naik gaji seridonya hahaha. Say NO to prokrastinasi y, ini yang biasanya penyakit utama kalau mau selesaiin tugas. Apalagi kalau tugasnya adalah tugas bersama pliz jangan sampe hubungan rusak cuman gara-gara kita ga bisa seleseiin sesuai deadline dan jangan banyak alesan alias boong. Sekali project bareng dan gagal selamanya orang ga kan mau lagi kerja bareng. catet niy hohoho!


Doc.pribadi


4. Mampu untuk memprioritaskan mana yang mesti dikerjakan dahulu mana yang bisa dikerjakan nanti. Jangan sampe dapet email sakti dari pak boss kalau kita ga bisa prioritas. Y kalau kitanya kagak baper, masih ada yang cuman di ingetin doank sampe nangis bombay depan kompi ngerjaiinnya dan malemnya mimpi buruk lalu esok kasi surat sakit. Masih banyak dah yang begini bertebaran. intinya mesti bisa Target Oriented yah biar selalu menyelesaikan tugas in time, jangan sampe dapat komplain dari pihak lain. Penilaian orang lain suka setajam silet kalau kita ga pintar  untuk menyelesaikan sesuai harapan.
5. Godaan berat adalah ketika sedang konsen ngerjain tugas, ada notif dari medsos. Karena saya punya curiosity tinggi akhirnya buka dulu deh tuh medsos, niat awal cuman pengen tau akhirnya bablas angine buka inilah itulah bisa-bisa window shopping juga *dikeplak*. Namun biasanya kalau lagi numpuk deadline milih bukanya pas pulang kerja makanya HP di silent aza.

6. Biasanya juga selain notif medsos yang suka menggoda saya akhirnya ga konsen adalah dengerin bisik-bisik tetangga yang gatel banget kudu komen kalau uda begini ya salam akhirnya ketunda deh nyelesaiinya. Tipsnya saya suka pake headset setel lagu yang menyenangkan biar moodnya enak dan terhindar dari bisikan halus hahaha.

7. Terakhir adalah kunci mas-nya setiap apapun tugas yang diberikan terima dengan lapang dada, kerjakan dengan ikhlas, tetap semangat dan GIVE YOUR BEST!

Sekian tips ala saya agar Job Target sesuai deadline, kalau kamu gimana?

18 comments:

  1. Wah tips-tipsnya boleh juga tuh mbak, tapi saya paling setuju dengan tips nomer 7 tuh mbak terima dengan lapang dada, kerjakan dengan ikhlas, tetap semangat dan jangan lupa berdoa mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya mas pastinya usaha uda keras mesti beriring doa :)

      Delete
  2. medsos wmang paling menggoda buat dilirik :p

    ReplyDelete
  3. notesnya banyak sekali mbak :)

    Medsos emang paling susah buat dijauhin :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu cuman notes nomer cisco wkwkwk yang deadline si biasanya ada dikalender sama depan kompi

      Medsos emang akar prokrastinasi hahaha

      Delete
  4. sebelah kalender pasti foto keluarga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah mas malah foto sendiri..ebuset deh narsis abiz wkwkwk :p

      Delete
  5. kebiasaanku bikin note tp nyatetnya di kertas lembaran habis itu lupa naruh heu heu heu ... skrg udah mulai beralih ke buku kecil hahaha

    ReplyDelete
  6. Aqu juga dulu gitu mba hahaha tp ga mau terulang akhirnya pke sticky note deh atau kalender :p

    ReplyDelete
  7. Poin nomer 5 itu bener banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener2 gatel y mba klo dah ada notif medsos :D

      Delete
  8. Hmm saya suka yang teraktir, ahi hi hi karena lebih muantappp mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada ide yang mantap lagi?mangga dishare kang :)

      Delete
  9. Iya ya de..kadang suka ga sesuai target nih.. habis kalau-ibu-ibu kerjaan banyak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba kalau banyak mesti perencanaan yang mateng kalau ga suka molor teruz :)

      Delete
  10. Paling susah fokuuss mba. hehe
    Apalagi kalo medsos untuk teriak minta dibukaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba medsos mah bikin godaan paling gede untuk dibuka :D

      Delete

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

 

Bunda Nameera's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design