Tuesday, April 19, 2016

Tipe Individu Saat Mengikuti Training


Dear Anakku, dari hari kemarin hingga besok rabu tanggal 20 April 2016 bunda sedang mengawasi (ceilah mengawasi hahaha) karena berhubung HRD jadi bunda yang mastiin kegiatan training ini bisa berjalan sesuai jadwal, menjadi support buat fasilitatornya sama peserta trainingnya makanya bunda bilang mengawasi kegiatan ini.

Training kali ini mengenai Upgrade ISO, hayo bukan ISO daleman sapi ya hahaha. ISO sendiri adalah International Organization for Standardization. Kali ini di kantor sedang training upgrade ISO yang sebelumnya ISO 9001:2008 sekarang ISO 9001:2015. Skip..skip...skip mengenai materinya y hahaha. Bunda ga terlalu mudeng padahal ikut serta dikelas. 
Yang mau bunda bagi kali ini adalah justru tipe dari peserta yang mengikuti training ini selama bunda observasi bunda membagi tipe pesertanya ke dalam beberapa tipe berikut :

 1. Tipe Curiosity : dari judulnya saja sudah dipastikan dong tipe ini dilabeli oleh individu yang benar-benar ingin mendapatkan pengetahuan untuk develop dirinya, cirinya tipe ini duduk paling depan padahal rekan-rekan yang lain pada numpuk dibelakang cuman dia sendiri yang didepan hahaha ada 2 kecenderungan siy yang duduk depan bisa karena memang pengen dengerin materi yang disampein fasilitatornya  atau memang ga punya teman alias ga bisa berbaur maka dari itu dia nyempil sendirian di temen hahaha kesian deh.

2. Tipe Aktif : biasanya individu ini banyak kontribusi dalam memberikan sumbangsih pokonya dialah yang menghidupkan suasana tanya jawab jadi fasilitator ga cape sendiri, ga hanya aktif bertanya tapi aktif menjawab memang pada dasarnya si individu ini kritis. Posisi duduknya bisa ditengah, depan atau belakang pokonya dia akan terus mengkritisi apapun yang disampaikan maupun ditanyakan. Cuman kalau terlampau aktif dan kritis juga ga baik bikin hasrat si fasiltator buat lempar microphone ke mukanya wkwkwk. Jadi meskipun aktif mesti melihat peluang juga jangan sampai ditandai fasilitator pake spidol marker permanent hahaha.

3. Tipe Pompom : ada tipe individu yang bisanya cuman ikut-ikutan doang kalau orang bilang ga dia bakalan paling kenceng bilang ga-nya tapi mank tipe ini yang bisa bikin kelas seolah ramai padahal cuman teriakan dia doank wkwkk. Kalau tepuk tangan maka mereka bakalan tepuk meja pokonya memeriahkan suasana giliran ditanya sama fasilitator maka ekspresinya seperti Dian Sastro yang butuh Aq*a hahaha. Posisi duduk yang mereka pilih tentu saja di belakang, cari rekan yang mau diajak paduan suara memeriahkan kelas.

4. Tipe Silent is Gold : namanya aza uda silent maka mereka adalah tipe individu yang jarang terdengar suaranya, jarang memunculkan wajahnya jangan-jangan mereka dari dunia lain?hahaha tapi memang mereka bisa dikatakan paling pasif, datang ke training bisa saja menggantikan atasannya atau memang karakater ia yang ga ada semangat menambah knowledge jadi keluar kelas langsung nguap dah tuh informasi yang dah disampein oleh fasilitator. biasanya posisi duduknya adalah paling pojok nyender di tembok biar ga keliatan sama fasilitator keliatan doank pas makan wkwkwk. Atau posisi duduknya ditengah terhalangi sama rekannya.

5. Tipe Wiskul : kalau menurut bunda tipe terakhir ada yang namanya wiskul alias wisata kuliner jadi si individu ini giat ikutin training karena fokusnya bisa makan enak wkwkwk bukan nambah ilmu tapi milih nambah berat badan. Kalau lagi training begini emang biasanya suka disediain makanan enak dari coffee break pagi, makan siang sampe coffee break sore makanya ada individu yang giat banget datang training, training belom dimulai doi dah muncul dan biasanya posisi duduknya paling belakang biar cepet keluar kalau dah waktunya makan. Dulu lagi bunda masih muda bunda mengakui kalau bunda masuk tipe ini wkwkwk sampe pernah bunda tulis kesan pesan mengikuti training adalah makanannya enak-enak pokonya senang bisa ikutin training ini dan ternyata tulisan itu di pasang di pohon malu bingits hahaha. Untunglah sekarang sudah mampu berubah kalau training dilakukan untuk develop karyawan makanya sebisa mungkin bunda serius dan langsung aplikasikan cie cie..

6. Tipe Ninja : menurut bunda ada ni tipe yang cuman absen tandatangan trus menghilang entah kemana lalu dia datang saat bubar dan dapet sertifikat. Bilangnya si doi sibuk, angkat telepon, dipanggil atasan, di teriakin bawahan akhirnya doi datang diundang pulang tak diantar. Pas di cari ga nongol giliran bagiin sertifikat atau kaos doi uda ada ditengah-tengah hahaha. Sebenarnya ini masalah manajemen waktu, sebagai HRD tim yang mengundang mereka tentunya bunda sudah mengundang 1 bulan bahkan 2 minggu sebelumnya maka no reason lagi deh kalau ada inilah itulah karena kan sudah diberitahukan di awal. Balik lagi ke individu siy gimana caranya manage waktu biar segala urusan uda beres, uda dilegasikan kepada pihak-pihak terkait agar pas waktu training ya duduk manis ga perlu banyak mondar mandir kayak setrikaan. Setuju yah?hehehe. kecuali memang bener-bener urgent okelah fine bisa ninggalin ruangan, dan kalau memang tidak bisa meninggalkan kerjaan lebih baik mengundurkan diri dan melaporkan segera ke HRD pengganti yang akan mengikuti training.

Doc Pribadi Trn ISO 18-20 april 2016
Nah itu beberapa tipe individu yang bunda amati ketika mengikuti training ini. Tips dari bunda si kalau ikut training plis fokus biar apa?biar perusahaan ga rugi ngerogoh kocek besar demi develop kita loh masa dari kitanya sendiri ga ada timbal baliknya gitu. Yang terpenting inti dari training bisa diambil dan setidaknya ada yang bisa diaplikasikan ke dalam pekerjaan kita. Mubazir banget waktu yang dah kita sediain kalau kitanya sendiri ga bisa nerima materi yang uda ditransfer fasilitator ya ga?
Demikian sekilas info, kira-kira tipe mu yang mana nak?


30 comments:

  1. hmmmm...kalo aku tipe..yang mana ya... eee..duduk paling depan mana tau ada jekpotnya..hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha jekpotnya dpt cipratan ludah fasilitator yang berapi-api nerangin materi :p

      Delete
  2. Silent is gold, sambil nglirik kiri kanan..

    ReplyDelete
  3. Aku ksyaknya tipe silent is gold hihi
    Mau ngomong nanti takut gagap haha

    ReplyDelete
  4. Datang, duduk, silent, nungguin makanannya (wiskul), hehe.

    ReplyDelete
  5. Tipe Ninja ini yang bikin menjadi orang so misterius ya bunda ada lucu-lucunya juga sih minta di cubit hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha gemes mba klo nemuin yg begini :p blas ilang seketika klo dibutuhin cixixi

      Delete
  6. kalo daku tipe silent mbak :D
    ahahhaha

    ReplyDelete
  7. owh, ada juga yang tipe ninja yah??
    kalo saya tipe yang mana yah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba cepet ilang tak diduga uda kembali ahhaha..

      Delete
  8. aku tipe apa yaaaa, dikau tau gk mbk aku masuk tipe yg mana ?
    *abaikan
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tipe aktif deh mba inda niy terlihat dari kepribadiannya yang ceria senada dengan tulisan blognya yang informatif, tajam dan terpercaya xixixi

      Delete
  9. Udah mulai training upgrading yak Mbak. Wah, kita lagi persiapan juga untuk upgrading niy. Lumayan puyeng incharge di system nya. xixi. Kalau saya tipe apa yak. Kalo untuk masalah ISO ya mau ngga mau saya harus tipe aktif dan curious Mbak, kalau ngga gituh siapa entar yang mau develop system y. whuuaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes mba mesti tipe curious soalnya lumayanlah perubahannya, semangat y mba :)

      Delete
  10. Whuaahha saya mau dong jadi tipe ninja mba.. cuma absen doang terus ngilang entah kemana :D kalau mba sendiri tipe yang mana ya ? saya malah bingung saya ini termasuk ke dalam tipe yang mana :-/ biarlah orang lain yang menilai :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha bo sendiri yang merasakan dan melakukan sendiri ko bingung :p

      Delete
  11. Aku tipe curious kali yaa. Tapi ya nda seserius itu jugak. Duduknya nda paling depan, baris kedua ketiga deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi mayan y mba nambah wawasan klo ikut training :p

      Delete
  12. kalau aku sih tipe si wiskul huahaha
    ikutan seminar di hotel biar bisa nyicipin hidangan yang enak-enak
    habis bosen di rumah lauk pauknya itu-itu aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang mba training itu perbaikan gizi hahahaha

      Delete
  13. Jadi mikir, aku tipe yang mana ya? Ahahaha :D Aku nggak suka duduk paling depan, karena nggak bisa leluasa nyelonjorin kaki (bisi weh ntar si pembicara yang mondar-mandir malah kesandung :D). Baris kedua itu paling nyaman bagiku.

    Tipe wiskul....wiskul itu penting sih :D tapi bukan yg utama. Lagian aku kan diet makanan tertentu. :) Sebagai blogger, bonus dong jadi dapat bahan foto dan cerita. :D Yang jelas kalo nomor 5 mah enggak. Da bukan orang kantoran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha..iya si mba bonus kalo dapet makanan enak plus perbaikan gizi :P

      Delete
  14. Semoga bukan tipe ninja. Teman-teman pasti nggak suka lihat wajah kita. Sudah ketahuan maunya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi biasanya yang menarik diri dari lingkungan tergolong tipe ini mba :)

      Delete
  15. Saya tipe yang duduk di depan, Bunda, biar gampang fotoin speakers-nya nggak kealingan pala orang, hahah :D Ini talkshow deng bukan seminar. Tapi kalo seminar saya duduk di mana aja sih. Waktu acara Datuk Stella saya malah lupa makan kue n minum coklatnya krn talkshow-nya seru banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya si mba tergantung sama topik bahasan seminarnya y, akupun kadang hanya jadi silent bahkan hanya sekedar wiskul prioritasnya :p

      Delete

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

 

Bunda Nameera's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design