Monday, April 11, 2016

Belajar Chin Chai

Kali ini bahasan yang ingin saya ulas tentang "Chin Chai", dalam percakapan sehari-hari sering mendengar kalau orang menyanggupi sesuatu ia akan bilang cincai lah itu, apa hubungannya ?Nah Chin Chai sendiri adalah tidak terlalu banyak perhitungan kalau bahasa kerennya mah easy going ga pengen cari masalah hidupnya Enjoy.

Istilahnya orang Chin Chai ga kan rudet hate, riweh pemikirannya. Makanya suka ada yang bilang itu mah cincai lah kalau menanggapi suatu permasalahan. Dalam kehidupan kerja masih ada aza yang belum Chin Chai, ditegor dikit nangis penuh drama, di ajak kerjasama sulit gabung, ada yang susah rekan kerjanya malah diketawain.

Fenomena persaingan di kantor memang berasa banget padahal belum tentu juga mereka yang dirasa menyaingi ingin unggul. Kalau sudah begini maka sangatlah tidak mungkin jika orang tersebut ngeselin dalam lingkungan kerjanya. Bukannya jadi chin chai tapi cing atulah rada bageur saeutik hehehe.



Di tempat kerja tentunya pasti menemukan orang yang belum chin chai. Yang segalanya dibuat ribet sendiri padahal tidak melulu kerja harus banget sesuai dengan aturan maupun prosedur yang berlaku. Mestinya bisa lebih fleksibel, sesuaikan saja dengan kondisi saat itu. Alih-alih ingin mendapatkan bantuan eh malah dapet siraman rohani ketika menghadapi orang yang belum bisa chin chai untuk menyelesaikan tugas.

Agak menyebalkan bukan menghadapi rekan kerja yang ga chin chai, susah banget diajak kerjasama semuanya dianggap ruwet sesuai prosedur. Padahal jika kita memudahkan orang lain tentunya Alloh akan memudahkan kita. Tapi memang kadang di kehidupan nyata saya bisa kemasuk ga chin chai tergantung menghadapi orangnya juga. Menghadapi orang dengan tipe "talk too much but can't do anything" malah bikin kesel hahaha.

Dengan Chin chai kita ga akan gelisah apalagi resah. Karena fikiran kita selalu positif, tenang semuanya serba menyenangkan. Biar bisa belajar chin chai, saya berusaha merumuskan hal berikut :

1. Memposisikan Diri Sebagai Orang lain 

Ketika kita berfikir ada di posisi orang lain tentu kita dapat merasakan apa yang dirasakan orang lain. Namun tentunya ini semua tergantung dari kadar penerimaan kita masing-masing yang berbeda. Kadang kita akan jauh lebih baik kepada orang yang peduli dengan kita namun sebaliknya kita akan malas membantu ketika orang lain tidak pernah peduli dengan keadaan kita.

2. Positif Thinking

Takkala kita sudah berpositif thinking namun ternyata orang lain tak sesuai fikiran kita tentunya membuat kita kecewa. Yang seperti ini meruntuhkan benteng positif kita kepada orang lain. Memang sulit untuk menjadi pribadi yang berpositif terlebih di belakang sana banyak yang bergosip ria. Tapi percayalah dengan berfikiran positif hidup terasa menyenangkan. Menurut saya positif thinking ini sebagai pondasi untuk terus belajar Chin chai.

3. Apa Adanya

Susah memang jika sudah bawaan bermuka dua, depan bilang A belakang bilang B. Depan bermanis-manis belakang menginjak-injak. Lebih baik apa adanya sehingga semuanya akan terasa sejalan dan seirama ga perlu keruwetan hati.

***

Jika sudah menerapkan itu maka kita bisa mengambil manfaat dengan berlaku Chin chai. Manfaat menjadi orang chin chai ga hanya di lingkungan kerja tetapi dimanapun kita berada ada banyak. Kita akan memiliki banyak sahabat, hidup menjadi santai, rezeki berjalan lancar, keluarga pun menjadi harmonis.

Dengan belajar menjadi orang Chin Chai kita bisa selalu mengalah dan memberi di kondisi yang tepat. Selalu easy going bila masalah bertubi-tubi datang. Mari belajar Chin Chai di manapun berada dan setiap kondisi apapun yang menimpa kita.



47 comments:

  1. Hahahha oh ternyata chin cai yg dimaksd itu tohhh

    ReplyDelete
  2. Tadinya aku pikir makanan chin chai ini, ternyata cincai yang kutahu :D
    Memang ngeselin ya berhubungan dengan orang yang tidak bisa diajak chin chai, kadang kalau sampai batas maksimal, suka ditegur sajalah, daripada bete.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa yes mbak jika berlanjut teguran jalan keluarnya :p

      Delete
  3. oh ternyata ini toh mbak herva :D

    ReplyDelete
  4. aku beruntung sih temen2 yg aku kenal ga banyak perhitungan gitu.. orang2 di kantor juga pada toleransi kalo menyangkut masalah2 kantor, sejauh itu ga ngerusak ato melanggar prosedur utama ya. lagian dipikir toh, apa enaknya sih jd org yg ga cincai, yg mwnya ribuuut mlu tiap ada masalah, kan yg sakit kepala dia juga :D.. biasanya sih mbak, kalo nemu temen begini, lgs aku jauhin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha jaga jarak y mba kyknya nasipqu ketemu yg unik dikantor :p

      Delete
  5. Kirain Cincainya Rangga.. *itu cinta wooy* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha bukan mba cincah laowrah ini mah :D

      Delete
  6. cin cai lah itu bundaaa, :)

    iya kalaunjtmu yg sperti itu, yg gk cincai eikeh jg kali males mbk, ngehindar aja deh, drpd nanti jd kzl, kzl kzl kzl :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa mba Inda bisa juja kzl kzl yak :p

      Delete
  7. oh baru tahu istilah kayak gini mbak..aku asalnya denger dari iklan chin chai lah....mksh postingannya jd tahu

    ReplyDelete
  8. Hmmm sepertinya itu okeh juga ya bun, ahi hi hi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba mari mulai belajar chin chai ^^

      Delete
  9. Kalo hidup gw urusan kerjaan malah kebanyakan chin cahai, kebanyakan di bawa santai dan sebodoh amat jadi lebih asyik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyak kalau baper siy yang ada stress :)

      Delete
  10. Tapi ada juga tuh yang minta cincai untuk hal2 yang diluar prosedur mba, kita yang harus menjaga prosedur kadang2 malah "dijudge" sbg orang yang nyusahin, karena patuh prosedur, blabla. Orang2 yang sukanya bypass juga gak oke tuh. suka kzl klo ada yang bypass, gak sesuai prosedur, giliran kena masalah eh malah ngeles.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama saling ingetin aza mba hahaha...kasih pengertian aza mba sesuai SOP yang ada :)

      Delete
  11. Sering denger suami curhat, emang ya kalo dunia kerja bakal banyak yang ga chinchaiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyak di dunia kerja benar2 sekolah kehidupan Na hahaha *lebay*

      Delete
  12. setuju banget dgn artikel ini, kadang2 perlu juga jadi orang yg ga terlalu mikirin ini itu :D..yg santai ky di pantai, biar ga stress..chin chai lah sis :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sis daripada sakit :) mendingan chin chai lah

      Delete
  13. Yup intinya positif thinking. Tapi ya tetep harus waspada. Wkwkwk. Naooon, ceunah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk iya mba ga dimana emang mesti ttp waspada ^^

      Delete
  14. Mbaa, prakteknya teryata tak mudah ya. Hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba prakteknya syusah minta ampun banyakin istigfar :D

      Delete
  15. Wahahahaaaa simple tp manteb postingannya..chin chai lah yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi mba uda mampir smeoga bisa dipraktekin y :)

      Delete
  16. Setuju mbaaaak, kita mesti belajar chin chai ya biar idup nggak ribeeett. Hihihihihiiii

    ReplyDelete
  17. haha, aku kirain apaan cincai itu mbak, ternyata itu toh :D Chin chailah mbak haha

    ReplyDelete
  18. kalau pas jadi tukang dagang Ubi Cilembu dan Keranjang Bambu, pasti banyak chin chainya...pas jadi pengawas...apalagi ching chai mulu..saya mah.

    betewe saya teh blogger yang nggak pernah di waro sama admin...udah follow blog kerennya dan silaturahmi bolak-balik kesini, bw balik ajah nggak apalagi folbek....blog saya jelek ya bun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh maafkeun Mang :D baiklah saya akan BW

      Delete
  19. Baru tau article cincai padahal seeing dengar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe istilah sering didengar namun maknanya yang jarang terdengar y mba :)

      Delete
  20. mari belajar chin cai cyiinn, supaya hidup kita aman,tentram dan damai :)

    ReplyDelete
  21. Tak kira chin chai itu nama makanan, Mbak. *itu chap chai, kelesss* haha

    Mungkin saya termasuk orang yang masih ribet, tapi sekali waktu juga belajar untuk memposisikan diri sebagai orang lain. :D

    ReplyDelete
  22. Chin cai itu kupikir nama suatu makanan yang warnanya item biasa dikasih sirup sama es batu. :D Heheheh

    ReplyDelete
  23. Ngeselin emang orang ga tau chin chai. Kurang jajan cincau mungkin. Di salah satu tempat kerja ada model2 kayak gini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ada aja Miss yang ga chinchai :p

      Delete

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

 

Bunda Nameera's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design