Monday, March 21, 2016

Sudah Tak Mampu Tak Merasa Pula (Kruger Dunning Effect)


Kali ini saya akan bercerita mengenai kondisi karyawan di kantor. Pagi ini ruangan heboh dengan rekan saya yang sibuk dengan teleponnya sambil berteriak "tolong tuh sampah di Cabang itu dan di departemen itu di CUT aza (sengaja disamarkan cabang dan departemennya biar tak menusuk hati hahaha) merujuk kepada salah seorang karyawannya. Sadis tenan yow rekan saya mengganti dengan sampah namun disini berarti ada trigger yang menyebabkan rekan saya marah hingga bersadis ria seperti itu.

Itu terjadi pada kondisi cabang dan salah satunya yang saya interview adalah Mr. X. Aha akhirnya terjadi juga apa yang tidak diinginkan, complain karena Mr.X sudah banget terlalunya tak mampu bekerja secara maksimal itu penilaian dari rekan saya sementara Mr. X sendiri merasa mampu dalam bidangnya apalagi didukung pendidikan kuliahnya sesuai dengan bidang yang digeluti olehnya. Kesalahan menilai orang lain merasa tidak mampu maupun kesalahan menilai diri sendiri merasa mampu inilah fenomena yang dikenal Kruger Dunning effect.
Biasanya dalam Kruger Dunning Effect ini, orang yang tidak kompeten akan merasa sebagai berikut :
  • Gagal mengenali kelebihan orang lain
  • Gagal menyadari tingkat ketidakmampuan mereka sendiri
  • Gagal menyadari kekurangan skill mereka sendiri
  • Baru menyadari dan mengetahui kekurangan skill mereka setelah diberikan pelatihan untuk meningkatkan skill
Kasus Mr. X ini sepertinya dia merasa bisa padahal untuk hal mudah saja dia masih ga bisa, kalau dalam teori si penyebab utama dari Kruger Dunning Effect ini adalah Ego. Ya namanya juga manusia ya kalau diminta menilai diri sendiri tentunya kita akan melebihkan diri sendiri.

Misal gini ditanya tentang Assesment Center sebagai assesor saya akan merasa iya dunk saya bisa banget padahal masih kesulitan dalam mengkoding perilaku kedalam kompeten wkwkwk. Tapi setidaknya bisa lah ga bodo,bodo amat uda sertifikasi Assesor pula (acie saya congkak amat hahah). Kira-kira kayak gitu siy.

Untuk menghindari effect Dunning Krugger ini hayu atuh kita berfikir logis dan obyektif jujur pada diri sendiri atas kemampuan yang kita miliki. Jika memang bisa ya bilang bisa jika tidak ga perlu bohong akibatnya ya nanti dicemooh orang lain seperti kasus yang dialami Mr. X ini sampe disebut sampah oleh orang lain.

Sampah disini berarti udah ga berguna lagi jadi buat apa masih di hire. Kalau rekan saya siy menganjurkan Mr. X langsung suruh berhenti tapi itu terlalu kejam mak. Kalau saya pribadi kenapa ga diberikan pelatihan dulu sapa tahu memang sebenarnya ia perlu itu, atasannya lebih aware untuk memberikan training bagi kemajuan kompetensinya.

Dunia kerja bukan dunia kuliah yang belajar tetapi didunia kerja kita dipastikan sudah matang siap pakai. Makanya saya saranin pilih kerjaan yang sesuai minat dan kemampuan jangan sampai terjadi seperti Mr. X sudah tak mampu tak merasa pula (Baca Lagi : Kerja sesuai minat atau gaji besar).
Tentunya dibarengi dengan kejujuran dan kerendahan hati dalam menilai kemampuan kita sendiri.
Semoga bermanfaat y

6 comments:

  1. Parah juga ya orang yang terkena Kruger Dunning Effect ini, duh saya mah kalau ga bisa malah bilang ga, bisa aja saya sering bilang ga terlalu, saking takut nanti gimana2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mak Ipeh salam kenal, iya Mak fenomena dikantor banyak yang kena kruger dunning effect terlebih mereka sudah di promosikan ke level atas kasian sih kalau akhirnya banyak dihujat hehehe. Tapi ya itulah kesalahan ga hanya sama pribadinya tapi juga mungkin atasan yang kurang aware sama peningkatan kompetensi bawahannya. Semoga kita tetap sadar diri bisa ngukur seberapa kemampuan kita xixi. Makasi mak dah berkunjung ^^

      Delete
  2. TFS ya mbak. Mudah-mudahan di kantorku gak kejadian seperti ini ya. Amiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin Mba Imelda, berarti manajemen kantornya sangat jeli untuk hire orang-orang sesuai kapasitas jobdescnya y mba xixixi

      Delete
  3. Hi mommy namee,,owhhh penyakit g nyadar diri itu namanya kruger dinning effect,,mudah2 an sy g kayak gitu ( harus sering2 self assesment ini mah)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mommy Khay, asik sekarang ngeblog euy icikiwir :p
      Aamiin tp klo ada disekitar kita yg kyk gtu emang susah ingetinnya kudu banyak dzikir adepinnya hahaha...

      Delete

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

 

Bunda Nameera's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design