Friday, March 11, 2016

Rekomendasi Man Power

 Dear Anakku berat y judulnya kali ini bunda cerita mengenai pengalaman dalam memberikan rekomendasi untuk struktur organisasi disuatu plant. 

Bermula Atasan bunda menceritakan mengenai struktur organisasi yang ada di plant dan menurutnya terlalu over untuk satu departement. Dan bunda diminta untuk menggali terkait satu persatu yang menjadi tugas dari mereka yang ada dalam departement tersebut. 
Berangkatlah bunda ke plant tersebut, dengan waktu hanya 6 jam bunda mesti menggali kepada 12 orang terkait dengan tugas maupun wewenang yang menjadi tanggungjawab mereka. 


"Maafkeun yah Nak karena tugas ini bunda mesti berangkat pagi sekali meninggalkan rutinitas memandikanmu tapi bunda masih sempat suapimu susu sereal hehehe..."

Lanjut ketugas bunda, dalam mendapatkan informasi yang diminta atasan, bunda berusaha mencerna alur bisnis proses dan segala tugas yang mereka kerjakan bahkan mesti mengerti istilah-istilah yang asing bagi bunda yang hanya berkutat di dunia HRD.

Ada yang kooperatif dalam memberikan informasi pekerjaannya, ada yang kesana kemari tetapi bunda harus menyimpulkan sendiri sebenarnya ia hanya melakukan apa, ada yang begitu detail sampaikan agenda pekerjaannya, ada juga yang kurang bisa menggambarkan rutinitas pekerjaannya karena nothings to do. hehe
Kebetulan bunda sedang batuk sehingga menjelang sore habislah suara untuk interviewnya hingga dengan ke-12 orang tersebut. Mengapa waktu dibatasi hanya 6 jam?karena bunda berangkat bersama dengan rekan lain dari departemen lain karena itu driver mestilah jemput satu persatu dan memakan waktu lama dalam proses penjemputannya sehingga bunda pun molor 30 menit dari jadwal awal yang telah ditetapkan bunda. But its no problemo nak semuanya berjalan tepat waktu sesuai harapan.

Esok paginya, tiba dikantor bunda diminta untuk melaporkan secara lisan kepada atasan apa yang bunda gali selama disana. Dan tugas selanjutnya adalah bunda diminta rekomendasi mengenai personel yang kemarin bunda gali.
Hasilnya keluarlah rekomendasi untuk mereka, jika ada 1 departement yang sepertinya harus memangkas personilnya karena seharusnya tugasnya masih bisa dilakukan oleh 1 orang. Adapula rekomendasi bunda dimana atasannya lebih maksimalkan fungsi kerjanya sehingga ikut terlibat dan tidak perlu menambah satu bawahan untuk departemennya. Rekomendasi lain yang pekerjaannya tidak maksimal 9 jam bunda rekomendasikan untuk dimanfaatkan departement lain. 

Agak takut dalam memberikan rekomendasi tersebut, terlebih menyangkut hajat hidup orang banyak. Mikir dulu apa yang mesti diberikan rekomendasi, untunglah ada atasan bunda lain yang memberikan gagasan untuk rekomendasi tersebut. Jadilah tidak terlalu merasa takut lagi hehe.
Bayangkan jika ternyata pekerjaan kita yang menurut kita sudah enak dikritisi oleh orang lain dan dirasa bahwa keberadaan kita tidak terlalu penting dalam organisasi. Bunda sepertinya nangis bombay jika itu terjadi pada bunda hehehe tetapi pasti semua organisasi akan melakukan hal yang sama untuk keefektifan organisasinya.
Inilah pengalaman kali pertama bunda dalam rekomendasi untuk man power, karena biasanya bunda merekomendasikan individu based on hasil tes dan interview apakah si "X" cocok didepartemen A atau B hampir sama si tetapi untuk tugas kali ini agak berat karena hanya menggali dari uraian tugasnya saja sementara actual dilapangan belum bunda gali. 


2 comments:

  1. Kalo dikasih tugas kayak gini ngeri2 sedap ya mbak hehe. Kesannya kita sadis bener mindah2in tugas dan wewenang karyawan lain tapi based on review dan wawancara yang objektif. Tapi ya mau bagaimana lagi....itulah salah satu tugas HRD. Jadi, just do it kalo kata Nike mah *eh?*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes Mba, penuh keringat dan air mata nentuin yang beginian (agak lebay dikit) sekali-kali mesti jadi Afgan mba sadis lah xixixi.

      Delete

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

 

Bunda Nameera's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design