Tuesday, March 22, 2016

Kongres Nasional IV Assessment Center Indonesia

Kali ini saya akan ceritakan pengalaman mengikuti Kongres Nasional IV Assessment Center Indonesia yang telah dilaksanakan tahun lalu pada tanggal 15 - 17 September 2015. Pada tanggal 15 September 2015 adalah pra-kongres yang isinya pengenalan mengenai Assessment Center karena bunda sudah sertifikasi Assesor di PPM dengan narasumber yang sama yaitu Bapak Syahrul Rully maka untuk pra-kongres tidak mengikuti.

 Tema tahun lalu di kantor adalah assessment maka dari itu saya bersama pak bos dan dept head HRD plant Bandung yang mewakili untuk mengikuti  kongres tersebut. ( Baca Lagi : Assessment Center)
Sebagai assesor sendiri, saya sudah terjun sejak tahun 2012 namun belum secara mendalam sekali karena tidak didampingin oleh assesor expert dalam melakukannya. Cara berfikir saya masih linear sekali sehingga belum mampu secara mendalam menginterpretasikan perilaku yang muncul kedalam kompetensi xixixi namanya juga pemula. Back to kongres sendiri, peserta kebanyakan diikuti oleh perusahaan besar baik BUMN maupun swasta dari sabang sampe merauke karena saya sempat kenalan yang dari Papua dan Aceh.

Hari pertama kongres, saya dan pak bos telat datang tapi untung belum mulai. Oiya kongresnya diselenggarakan di Hotel Trans Luxury Bandung, ketika masuk sudah banyak booth sponsor maupun vendor assessment center ada PPM, BPI, Telkom, ASI dll banyak sekali pokoknya. Ada yang menarik jika kita memberikan kartu nama atau mengunjungi booth tersebut akan mendapatkan merchandise dari vendornya kalau dari PPM sudah tentu buku-buku xixi. Sebelum acara dimulai memang para peserta kongres boleh breakfast sambil mengunjungi masing-masing booth.
Ketika saya berkunjung ke satu booth, bertemu kembali dengan Bu Aulia sebelumnya dipertemukan dalam workshop kemudian saya share tentang kongres AC ini ternyata Bu Aulia ikut, berkenalan dengan Bu Aulia ia seorang dosen dari Yogyakarta yang aktif kesana kemari untuk menambah wawasannya. Sempat saya singgung di postingan sebelumnya mengenai ia yang akan meneliti mengenai kecintaan dalam bekerja dengan target sampelnya adalah tentara untuk kelanjutannya ditunggu tanggal mainnya.

Memasuki ballroomnya sudah banyak sekali yang duduk manis, dan disitu saya bertemu dengan dosen saya dan adik kelas yang sudah menjadi tentara perwakilan dari Dinas Psikologi Angkatan Darat untuk mengikuti kongres tersebut jadilah reuni sebentar. Openingnya dimulai ada tari topeng kemudian sambutan dari ketua PASSTI (Perkumpulan Assessment Center Indonesia), sambutan dari ketua acara kongress ya layaknya pembukaan acara pasti dibuka dengan banyak kata sambutan. Banyak tokoh-tokoh penting AC Indonesia salah satunya Pak Fajar Bastaman.

Sebenarnya inti dari acara ini bertujuan untuk lebih menyebarluaskan metoda AC, menjalin hubungan dengan seluruh lembaga penyelenggara AC, untuk saling berbagi pengalaman. Sesi berbagi pengalaman ini biasanya nanti dibagi kelas A.B, C masing-masing kelas akan diisi oleh perwakilan perusahaan yang telah menyelenggarakan AC untuk disharing kepada kami peserta kongres dan peserta kongres boleh memilih kemana saja kelas yang ingin diiukuti. Kalau saya siy gonta ganti kelas aza pokona mobile bareng bu Aulia biar dapet sharing dari perusahaan besar dan pembicaranya yang menarik hahaha.

 Hari kedua pun di undang narasumber dari luar loh Mr....lupa hahaha dari mananya juga lupa dan delivernya pake english men kebayang kan saya cuman bisa nganga saking terpana kagak ngerti tu bule ngomong paan wkwkwk. Maklumlah orang sunda asli jadi agak ruming mun ngadangukan nu english-english xixixi.

2 hari menambah wawasan mengenai AC, menambah relasi juga menambah berat badan wkwk pasalnya makanan yang disajikan dari pagi, siang mpe sore uenakkk tenan cin. Di hari terakhir disampaikan peluncuran etika AC namun bunda kok belum nerima juga siy hahah lupa banget ini infonya soalnya di sesi penutupan.

Oiya saya juga kepilih dapat doorprize dari vendor apa y lupa cuman gagal dapat hadiah utama dapatnya gelas cantik saja Alhamdulilah segitu juga uyuhan hahaha.
Begitulah kira-kira acara kongres nasional AC IV yang saya ikuti.

Selfie sebelum mulai



Bersama Bu Aulia cantik

Bersama Pak Raka&Pak Ferdy @hari ke2


2 comments:

  1. wah saya malah baru tahu ada acara begini mak..thanks for sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mak sama2 trimz uda berkunjung juga, iya Mak ini uda yang ke-4 kongres dilaksanakan sebelumnya kongres 1 pada thn 2005, kongres ke-2 thn 2007, kongres ke-3 2013 dan kongres yang saya ikuti ke-4 thn 2015. Rencananya akan diselnggarakan lagi nti 2017. Nanti akan ada infonya kembali dari PASSTI (perkumpulan assessment center Indonesia)

      Delete

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

 

Bunda Nameera's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design