Wednesday, March 2, 2016

Kesempatan Rekaman Menyanyi

Bersama Tante Lucki (kelompok Sopran)
Dear Anakku, selain fokus dengan belajar saat dibangku kuliah bunda memutuskan untuk mengikuti salah satu kegiatan diluar kuliah istilahnya dikenal dengan Unit Kegiatan Mahasiswa, karena bunda suka menyanyi meskipun suaranya pas-pasan akhirnya memutuskan mengikuti UKM Paduan Suara Mahasiswa Kartika Swara di Kampus. Awal mula gabung pada awal semester tahun 2004, kali pertama masuk dites jenis suaranya terlebih dahulu dan bunda masuk jenis suara Sopran 2. Kali pertama latihan pelatihnya adalah Kang Albert dan ada kaka kelas dari fakultas lain yang juga membantu bunda dan teman bunda Kiki panggilannya dengan nama panjangnya Halijah Dona Kiki Arisda Sitorus. Kembali ke latihan PSM, belajar menyanyikan Mars Kampus namun sayang kakak kelas yang mengajarkan tidak sabaran sampe berkata dengan ketus dan wajah cemberut "Kalian ketawa-ketawa dan kompak banget salahnya" bunda dan Kiki hanya saling berpandangan sampe akhirnya kami tidak ikut latihan kembali karena tidak ingin bertemu dia lagi. Lucu alasannya tetapi memang akhirnya bunda dan Kiki memutuskan mencari kegiatan lain, akhirnya diluar kampus kami berdua kefikiran untuk part time menjadi guru privat untuk anak TK maupun SD. Sesi menjadi guru privat akan bunda ceritakan disesi lain y.

Kembali lagi dengan PSM, pada tahun 2007 kebetulan saat itu Kost-an bunda pindah dan dekat dengan salah satu teman satu angkatan di Fak. Psikologi namanya Syunarsih tapi ingin dipangil Syu-Syu. Kebetulan Syu adalah anggota PSM dan sering latihan, karena sudah tidak ada kegiatan selain kuliah dan mengajar OFF akhirnya bunda ikut dengan Syu untuk gabung kembali di PSM. Kali ini pelatihnya sudah berbeda, namanya Kang Indra sama seperti sebelumnya bunda dites menyanyi terlebih dahulu untuk ditentukan jenis suaranya. Jenis suara bunda tetap sama masuk ke dalam jenis Sopran 2. Mengapa harus dikelompokan berdasarkan jenis suara?karena ketika menyanyikan sebuah lagu maka untuk jenis suara sopran akan menyanyikan sesuai dengan range suaranya yang membedakan dengan jenis suara lainnya. Di kubu perempuan hanya dibedakan suara sopran dan suara alto. di kubu lelaki ada suara Tenor dan bass saja.

Selain Syu, ternyata teman-teman 1 angkatan ada juga yang tergabung diantaranya : Dewi, Dini, Hanny dan Lucki (teman-teman satu genk "Genjrink) akan diceritakan lebih lanjut tentang Genjrink.(Baca Juga : Hello Genjrink) karena sering latihan bersama, menambah kenalan dari fakultas lain. hingga akhirnya perform untuk acara kampus diantaranya : PSM selalu mengiringi Wisuda dan kami mendapatkan tempat disudut kanan untuk menyanyikan lagu-lagu : Mars UNJANI, Hymne UNJANI, dan lagu-lagu pilihan yang diminta. selain itu PSM juga mengiringi saat OSPEK, pernah satu kali bunda ikut gabung dalam acara PSM untuk mengiringi acara Farmasi se-indonesia (apa se-jabar y lupa hehe) dihotel Grand Pasundan.
Menariknya mengikuti PSM, terutama setelah mengiringi acara wisuda kami akan dipersilahkan untuk makan bersama para petinggi kampus dari Rektor hingga dosen. Bagi bunda dan kawan-kawan yang kost inilah moment yang justru ditunggu-tunggu "Wisata Kuliner" kami menyebutnya karena banyaknya hidangan yang disediakan dan kami bebas mau makan sepuasnya bahkan bisa dibawa makanannya jika tidak malu hahaha...

Seiring berjalannya waktu Kang Indra sang pelatih harus mundur mengajari kami karena ia mendapat beasiswa ke Amerika kalau tidak salah dan mesti meninggalkan kami. PSM tidak boleh bubar hingga akhirnya dicari pengganti kang Indra untuk melatih kami. Pelatih baru namanya kang Dudi lebih muda dari Kang Indra. Tidak ada perubahan kami tetap bernyanyi dan tetap senang meskipun pelatih berbeda.Hingga akhirnya kami diminta untuk rekaman untuk lagu Mars dan Syukur (hanya 3 lagu) kalau ga salah hahaha...
Rekaman menyanyi dilakukan di studio di daerah Kopo, kami berkumpul malam kala itu kemudian menggunakan angkot sewaan kami bersuka cita menuju kesana. Sesampainya disana kami tidak langsung rekaman tetapi latihan dan kebanyakan kami berfoto-foto mengisi waktu kosong. Kalau tidak salah rekaman pukul 03.00 dini hari suara sudah serak karena dingin AC dan juga hawa di sana dingin. Tetapi semuanya berjalan lancar.
Hasil rekaman di masukkan kedalam CD meskipun bunda tidak mendapatkannya tetapi rasanya senang ternyata rekaman seperti itu. Berasa banget jadi Gita Gutawa versi jilbaban ehehhe...

Begitulah anakku, semoga kelak kau bisa memilih kegiatan yang kau senangi dan gemari namun dilakukan di luar waktu belajarmu. Semuanya bisa berjalan antara pendidikan maupun kegiatan ektrakulikulernya.

Atas-Bawah : Tante Dewi, Bunda, Tante Hanny, Tante Dini dan Tante Lucki

2 comments:

  1. dini ratna muliaFriday, 01 July, 2016

    pengalaman menarik yaaaa...miss you

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah miss you tuuu din :* mari kita guncang dunia dengan suara kita lagi haahhaa

      Delete

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

 

Bunda Nameera's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design