Thursday, March 17, 2016

Kerjaan Sesuai Minat Atau Kerjaan Dengan Gaji Besar

Sebagai pencari kerja baik yang fresh from the oven (yang masih unyu-unyu) maupun yang sudah menyelami asam garam pahit manisnya dunia kerja biasanya ketika memutuskan untuk gabung dengan perusahaan akan menghadapi dilema apalagi dilemanya menyangkut masalah rupiah. Besar sekali y peranannya rupiah untuk membangun masa depan yang gemilang bagi si pencari kerja namun ada beberapa pertimbangan juga jangan sampai kita memilih yang tidak sesuai.
Sebenarnya saat kita memilih untuk bekerja, kita mesti tentukan tujuan awalnya apakah memang kita mengejar gaji besar namun tak peduli dengan lingkungan kerja atau kita memang lebih menyukai untuk bekerja sesuai minat kita?tentunya yang bisa jawab adalah pribadi masing-masing.

Namun bagi saya bekerja bukan hanya sekedar urusan besarnya gaji tetapi bagaimana kita bisa mengoptimalkan kemampuan yang kita miliki, kesesuaian dengan minat kita, bahkan sesuai dengan latar belakang pendidikan.



Sering saya temui pencari kerja yang fokus mengejar karir tanpa menyadari kemampuan yang ia miliki, gaji mau besar kemampuan ga ada disitu kadang saya suka sedih xixi. 

Jadi jika ditanya apa pilihan saya mengenai kedua hal tersebut, saya memilih pekerjaan yang sesuai dengan minat, karena saya mengukur diri untuk berkecimpung dalam dunia kerja tersebut.

Jika karyawan bekerja sesuai dengan minat dan kemampuannya maka ia akan bekerja dengan hati, dengan tulus, ikhlas, dengan suasana hati riang gembira inilah yang akan membuat "Engagement dengan perusahaan lama" itu salah satu faktornya y kalau bicara enggament tentu banyak faktor lain yang mendukung.
Kecintaan kita dalam bekerja yang sesuai dengan minat tentunya akan menghasilkan performa kerja yang baik, jika sudah tampilkan performa kerja yang baik maka manajemen juga tidak akan salah untuk mempromosikan kita ke jenjang karir yang lebih baik lagi. Otomatis jika dikaitkan dengan gaji maka gaji pun meningkat meski diawal belum sesuai harapan.

Bahas kerjaan dengan gaji besar tentunya memang menarik y, namun berhati-hatilah jangan sampai kita terjebak dalam ruang yang salah jatohnya tuh uang gaji kita simpan di klinik dokter bukan di bank atau investasi.

Gaji besar biasanya berbanding lurus dengan posisi juga beban kerjanya yang berat nah loh kalau dah gini bikin keringat dingin kan?belum lagi lingkungan kerjanya akan menganggap kita sudah expert dibidangnya padahal kemampuan kita aza masih pas-pasan kalau sudah begini pasti ga nyaman ujung-ujungnya stress kerja syukur-syukur cuman masuk klinik coba kalau sampe masuk Rumah sakit apalagi Rumah sakit jiwa?ngeri banget deh xixixi.


So, jika dikemudian hari kita berada dalam dilema seperti ini saya harapkan kita bisa punya pertimbangan yang matang kedepannya, syukur-syukur bisa dapat kerjaan sesuai minat plus gaji yang besar.

12 comments:

  1. klo aku mah milih punya gaji gede dulu selama masa lajang, klo udah kenyang dengan gaji gede dan akhirnya memutuskan berkeluarga, baru deh bekerja sesuai minatku yaitu menulis

    (plesbek) aku lulusan komputer, dulu milih jurusan komputer karena suka otak-atik, tapi pas masuk dunia kerja kayaknya enakan jadi sekretaris yak (gaji gede + jobdesk enggak serumit jadi programmer)... dan akhirnya aku jadi sekretaris, trus naik naik naik terakhir jadi personal asst director XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung prodi juga pas kuliah juga si Mak Maria hehehe apalagi background komputer kayak Mak biasanya gede.
      Wah keren banget progress jenjang karirnya Mak semoga qu ketularan aamiin ^^

      Delete
  2. Ya kalau saya sih lebh memilih bekerja sesuai minat karena dengan begitu kita tidak akan merasa tertekan apabila pekerjaan tersebut sesuai minat yang kita inginkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepakat kang :) kalau saya pribadi memang utamakan minat hehehe mungkin belum mampu untuk keluar dari zona aman n nyaman :p

      Delete
  3. bun, anak sekarang tuh ya kebanyakan pengen masuk kerja tanpa tes, gaji besar tapi banyak libur, ga mau di sip.. heuu genersi sinetron semua..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kalau gitu kita dukung anak sekarang produktif dengan bikin usaha sendiri hehehe..generasi pengusaha jatohnya :p

      Delete
  4. bunda namee, kapan kapan jadi motivator di sekolah tempat aq kerja yaa, soalnya anak anak jaman sekarang kebanyakan banyak mimpi tapi action nya kaga ada.. sukur sukur bisa recruitmen disini hehe (ngareeup dot com)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ini yang komen mamah y, baru sekedar suka menulis mencurahkan isi fikiran dan gagasan sepertinya jauh dari motivator mah :p
      Padahal awalnya dari mimpi kedepannya bisa terealisasi kalau diarahkan. Semangat :D

      Delete
    2. harus semangat doong ah hari gini kaga semangat terlindas jaman.. (buat sendiri inimah, lg H2C terjun kelingkungan baru harus semangat yaa) sukses bunda, smg berkah ya kerja dan nulisnya.. amin YRA..

      Delete
  5. Lihat sikon sih say..Kalau di luar negeri untuk bisa survive ya kadang kerjaan apa yang ada asal halal, kita jabanin aja walau nggak sesuai minat. Belum lagi rasa sakitnya :D Tapi ya iutlah ya kehidupan ..ada warnanya :)

    ReplyDelete

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

 

Bunda Nameera's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design