Friday, March 18, 2016

Kacamata vs Softlense

Dear Anakku, terkadang kita ga sadar sudah zolim dengan bagian tubuh kita sampe akhrinya fungsinya tidak sesempurna lagi. Salah satunya kita zolim sama mata yang merupakan bagian dari salah satu pancaindra. Tapi ada juga siy yang kelainan karena bawaan.

Kalau bunda sendiri mungkin disebabin suka baca sambil tidur pas lagi remaja sampe akhirnya kunang-kunang dan burem (kayak mau pingsan aza hehe). Akhirnya dengan keluhan tersebut Enin Aan (Baca juga : Kasih Ibu Sepanjang Masa) mendatangkan sang tukang kacamata kerumah. Sore itu (bunda masih SMA) datanglah si abang bawa peralatan untuk periksa mata bunda yang konon agak burem liat tulisan tapi masih bisa bedain uang kok tenang aza xixixi.

Pas pemeriksaan dipakein kacamata yang tebel gagangnya dan nanti dimasukin lensa dari minus kecil sampe besar tergantung pas liat tulisannya masih keliatan sampe baris ke berapa. Sebagai remaja imut-imut make yang kayak gituan berasa banget si Beti Lavea (ada anak 90-an pasti tahu telenovela ini hits banget dizamannya yang pake kacamata n behel).

Balik ke pemeriksaan mata sama si abang suruh baca satu persatu huruf yang berjajar pada kain yang digantungkan dengan jarak berapa meter ya kira-kira 5 meter kali. Agak sebel juga si sama si abang masa suruh sebutin satu per satu hurufnya kayak yang lagi belajar baca aza hahaha. Setiap nanya huruf si abangnya bertanya kalau pake ini jelas ga/kalau ga jelas dia ganti sampe akhirnya hasil pemeriksaan menyatakan bunda minus 1 dan silinder kalau ga salah mah.

Sesi selanjutnya adalah memilih bingkai kacamata, kira-kira untuk remaja seusia bunda bingkai mana yang pas ga mungkin dunk kacamatanya kayak Joni iskandar (yang nyanyi lagu Aku Bukan Pengemis Cinta). Setelah penuh pertimbangan bunda putuskan pilih warna hitam saja. Namun tidak bisa selesai hari itu juga masih menunggu lagi kacamatanya jadi. Tiba hari H yang telah ditentukan si abangnya, akhirnya kacamatanya jadi pas dicobain ditanya pusing ga/kalau pusing didagorin dulu ke tembok jahat banget si abang hehe. Ga ada masalah saat kali pertama pake kacamata. 

Tragedi besar datang belum seminggu kacamata baru aza jadi namun sudah potek batangnya wkwkwk. kebiasaan baca sambil tidur belum ilang dan parahnya kacamata ga dilepas xixixi yah kalau dah kejadian gini sudah jangan tanya gimana murkanya Enin Aan yang biasa alto suaranya uda jadi sopran 1.
Ketika hidayah datang untuk pake Jilbab, kesulitan juga pake kacamata akhirnya dengan berat hati kacamatanya jadi bangke disimpan.
Tahun berganti tahun kayakna minusnya semakin nambah, apalagi kalau kuliah suka ga keliatan.

Bisa dibilang bunda hanya ngandelin indra pendengaran doank untuk nyerep materi yang dosen sampein. Kadang kalau dosen suruh nyatet mau ga mau bunda cuman bisa liat catetan teman sebelah. Pas semester 5, diperiksa lagi dan hasilnya sudah kuduga nambah minusnya jadi 2. Dibuatkan kacamata lagi namun bunda masih ogah karena merusak tatanan kerudung kalau dipake ke kampus wkwkwk jadi kacamata cuman dipake pas dirumah dan dikosan doank. 

Tahun 2007, terinspirasi dari Tante Lucki yang pake soflense akhirnya bunda pergi sendiri dari Cimahi ke Istana Plaza Bandung konon lagi ada promo softlense merk X2.
Esok harinya ke kampus ngumpul sama temen-temen, wez softlense baru ni celetuk temen cowo bunda kala itu naha jiga nu katarak va (pengen banget julekin palanya pas dia bilang gitu hahaha). Emang bunda pilih warna Baby Blue biar kayak orang barat gitu maksudnya hehehe eh malah dibilang katarak ckckck. Pas ke Pasar juga ditanyain ma abangnya 'neng orang uzbekistan nyak' wkwkwk belum tau dia uzbekistannya bunda sebelah sananya tambun.
Semakin nyaman dengan softlense dan pakelah softlense setiap pergi kalau dirumah masih tetep pake kacamata. Warna yang dipilih kemudian bunda paling cocok dengan brown, black atau bening. Kalau yang bening pake X2 acuvue kalo yang brown or black pake A+. Sebenernya warna softlense dah banyak, ada yang warna merah katanya bisa mirip Edward Cullen loh nah kalau kita yang pake mah jatohnya kayak yang abiz kecolok tangan, ada juga yang ijo duh ngeri kalau pake yang ijo disangka mata duitan ntar hehehe. Jadi biar aman bunda pake yang ga mencolok.


Sejak 2007 loh catet bukan sejak nyonya meneer berdiri pernah mengalami duka saat menggunakan softlense yakni mata terlihat merah (bukan mau berubah kayak GGS y)  uda gitu ada pelangi dimata dengan jumlah banyak. Masa uda gaya eh beleknya nongol ga banget kan.

Terlebih saat kau uda gede gini ribet banget kalau pagi mau make sampe pernah sobek hiks akhirnya sejak 2015 akhir memutuskan untuk pake kacamata aza. Diawal sempet ga PD tapi setelah searching gaya selebgram yang pake kacamata maka diputuskan untuk pake kacamata aza disamping ga ribet juga irit karena ga mesti tiap 6 bulan sekali harus ganti dan ga perlu bawa cairan maupun tempat softlense kalau kemana-mana.

 Kebetulan juga Engki punya optik jadi suka disubsidi dari Cilegon untuk kacamata hahaha. Sekalian promosi barangkali ada yang tinggal di Cilegon bisa mampir ke Optik Center alamatnya pas banget depan Mall Ramayana Cilegon. (sambil ngeblog sambil promosi usaha ortu xixix).

Sebagai akhir perjalanan maka bunda tampilkan perubahanya ni bunda cantumin foto dengan baju dan kerudung yang sama bagaimana tampilannya jika pake softlense atau kacamata, suka yang mana nak/hahaha. Saat ini minus bunda uda 2,75 tapi karena kebiasaan pke softlense yang 2,5 maka terbiasa pake kacamata minus 2,5 juga. Semoga ga nambah terus aamiin

Kiri th 2015, Kanan thn 2016 (bajunya ko awet yah :p)
Sekian cerita bunda tentang softlense maupun kacamata, yang jelas nanti kau mesti jaga matamu y ^^


4 comments:

  1. Hasna Nameera, sayang, biang ke Mama yang canttk itu, kalo Hasna suka Mama yang pake Kacamata, gituu...trendy, tamba cantik, dan bebas dari kemungkinan lupa mengucek mata karena apaaaa...gitu sehingga bikin luka selaput mata yang kegesek sama softlent. Ya, ya, yaaa...secara anak bunda mengalami itu, hiks,hiks...alhamduillah bisa sembuh dan setelah itu gak pake softlent lagi, tapi pake kacamata. Gak ribet bersihin juga setiap mau pake dan ketika mau disimpen di tempatnya. Oke, Hasna? Bilang ke Mama Cantikmu, yaaa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mkasi bunda Yati sharingnya, wah jadi serem y saya juga udah ga mau pake soflense karena tambah kesini semakin lelah matanya. Semoga bunda dan anak bunda tetap sehat selalu aamiin.
      Jadi GR ni dibilang cantik hahaha nuhun loh bunda ^^

      Delete
  2. Uzbekistan : Ujung Bekasi Selatan (itu sebutan anak2 bekasi va ^^)
    Kalo Fika, Swiss (Sekitar Wisma Asri --> Nama komplek fika)
    Maksa yah kalo anak bekasi mah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk baru tahu dah singkatannya itu. Hidup Bekasi, meski Cinta mesti LDR-an ma Rangga ke Bekasi tp ttep Bekasi punya jembatan keren summarecon :p

      Delete

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

 

Bunda Nameera's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design