Saturday, March 19, 2016

Arisan Beres Nafaspun Lega...

Dear Anakku, kali ini bunda akan ceritakan mengenai kegiatan Arisan. Apa y arisan itu/.arisan adalah kegiatan mengumpulkan uang atau barang yang bernilai sama oleh beberapa orang kemudian diundi di antara mereka untuk menentukan siapa yang memperolehnya, undian dilaksanakan dalam sebuah pertemuan secara berkala sampai semua anggota memperolehnya ( definisi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia/KBBI ) gaya banget buka KBBI segala demi kelancaran penulisan postingan saat ini hahaha.
Sebagai warga Indonesia raya tentunya juga bunda pernah mengikuti kegiatan arisan ini. Kalo membuka kamus besar bunda sendiri, arisan yang pernah bunda ikuti biasanya arisan uang dan itupun dibedakan sesuai dengan anggotanya diantaranya : arisan keluarga, arisan kantor sama arisan genk Genjrink.

Namun zaman sekarang ini arisan bisa macem-macem nak ada arisan buku, arisan barang, arisan alat kosmetik, arisan emas, arisan kacamata, arisan mobil sampe ada arisan brondong ( konon katanya yang ikut arisan brondong adalah tante-tante beruang yang haus kasih sayang ) ckckck ngeri bayanginnya. Berikut kisah arisan bunda :


Arisan keluarga, dari namanya aza so pasti kegiatan arisan ini diikuti oleh seluruh keluarga keturunan turun temurun satu garis keturunan pokoknya yang ada hubungan aza. Jumlah uang yang dikumpulin si ga banyak karena yang ikutan bisa banyak wong yang ikut dari turunan uyut terus ada adik uyut punya tetangga nah tetangganya punya saudara yang ternyata masih berhubungan dengan iparnya uyut dari iparnya uyut punya anak 12 juga berpartisipasi dalam kegiatan arisan bisa dibayangkan olehmu nak jika ikut tahun ini maka kau bisa dapat arisannya 5 - 10 tahun kemudian hahaha.

Tapi positifnya dari kegiatan arisan keluarga adalah mengikatkan kembali hubungan kekeluargaan dengan mengusung semboyan bhineka tunggal ika dalam permusyawaratan perwakilan kira-kira seperti itu si nak. Yang misalnya kita ga tahu ni saudara pa bukan maka akan tahu saat kumpul arisannya. Tentunya seru karena ga cuman lebaran doank kita bisa kumpul tapi kalau uda begini bisa kumpul sama saudara sebulan sekali.

Arisan kantor, nah ini pengalaman masih anget banget karena baru beres di awal tahun ini. Kalau di kantor banyak yang adain arisan dengan kubu-kubu tertentu misal bunda bagian HRD karena ruangannya deket sama marketing maka yang diajakin arisan ya mereka yang sering terlihat wujudnya dan punya kedekatan dalam hubungan berteman.

Singkat cerita bunda dan rekan-rekan baik HRD maupun marketing juga HRD cabang sudah terkumpul 9 orang dengan menyetujui masing-masing mengumpulkan 300rb biar jumlahnya enak dibaca pas dapet maka kita memutuskan untuk mencari 1 kandidat lagi biar ikut arisan ini. Setelah merenung dan dapat wangsit munculah ide dari bunda untuk masukin sisa 1 kandidat itu dari departemen lain namun dulu memang sempat satu ruangan dengan HRD jadi bunda menyarankan orang itu.

Singkat cerita sebut saja namanya 'Otong' menyepakati untuk gabung. Langsung saat itu juga dibuat group arisannya di skype untuk memudahkan komunikasi tapi utamanya untuk reminder bayar arisan tepat waktu, beres itu langsung dibuat pengocokan. Untung buat si Otong ternyata dialah pemenang pertama. 2 bulan pertama masih lancar jaya, lalu tepatnya di bulan ke-3 Otong kecelakaan dan dia ga masuk kantor.

Sebagai tim HRD secepat kilat bunda nengokin Otong yang menurut kabar kakinya nyangkut pada bagian depan mobil dan benar terlihat lukanya parah. Arisan masih ia bayar namun itupun mesti direminder secara Otong dah ga masuk 1 bulan, bulan ke-2 dia ga masuk maka tim HRD lain bersama rekan satu timnya menengok ke rumahnya.

Disinilah terbongkar semua kebohongannya, dari semua kebohongannya maka keluarlah keputusan mengeluarkan Otong dengan cara halus karena status Otong sudah menjadi karyawan tetap dan manajemen tidak maulah kasi pesangon wong manajemen yang sudah dibohongi maka dibujuk rayulah ia agar mengundurkan diri atas kemauannya ( sori bro lo mesti keluar sekarang juga hahaha ). 

Mendengar kabar duka tersebut yang paling panik adalah group arisan sebab perjalanan masih panjang tapi orangnya yang menang pertama uda keluar. Sebagai orang yang merekomendasiin si Otong maka bunda berusaha menenangkan group yang mulai rame serame demo kenaikan gaji (huhuhu...Otong bikin galau bisnis investasi bodong ni) bikin ga bisa tidur hahaha. Jadilah bunda yang mesti reminder si Otong untuk bayar arisan tiap bulan, di WA terus sampe dia transfer yang kadang kagak sampe atau ga dibaca wkwkwk. Dengan perjuangan panjang dan lika liku menagih arisan ke si Otong yang butuh banyak pulsa Alhamdulilah bisa selesai juga dan bernafas lega. Dadah..dadah group arisan ini hahaha.

Terakhir arisan genjrink, nah meski bunda n genk beda-beda tempat tinggal hanya dekat dalam BBM namun kami bisa menyelesaikan arisan ini dengan penuh sukacita. Tiap bulan y masing-masing anggota transfer kepada pemenang arisannya. Namanya juga sama temen uda pada kenal jadi ga worry kalau investasi bodong ni ga akan berakhir seperti arisan online diluar sana uda menang lalu bye ga ada kabar ckckck tega banget yang kayak gitu. 

Akhir kisah ni, sebenarnya senang banget kalau arisan itu menang pertama cuman berasa berat disetiap pembayarannya hahaha. Kalau mau arisan juga mesti pilih-pilih orang yang ikutnya jangan sampe ga amanah atau kalo ada yang adain arisan kantor pastikan status karyawanya dah tetap jaga-jaga kalau statusnya masih kontrak eh ga diperpanjang wasalam deh ntar bernasip kayak si Otong. Sekian cerita arisannya ^^.

4 comments:

  1. aku cm ikut arisaan keluarga mbk,rame bin seru, ada sih arisan wrga perumahan, tp milih gk ikut. masih ribet sm si kecil soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba Inda ^^ kalo di saya malah ga ada mba arisan perumahan maklum rumah saya mah depan kebon samping juga kebon nuansa pedesaan tempo doeloe xixi. Salam kenal mba Inda ^^

      Delete
  2. Saya ikut arisan di 2 RT sama bulanan (khusus yang dipercaya aja karena nominal agak gede). Selama ini aman2 saja tapi yang bikin galau kok ga dapat2, jangan2 nomernya ga ada. Setelah di Cek, beneran ga ada nomer saya. Pantesan itu lotre ga jatuh2 haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Tarry, hahaha untung di cek n ricek y mba kalau ga rugi bandar tuh mba :p

      Delete

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

 

Bunda Nameera's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design