Friday, January 22, 2016

Lomba Menulis Resensi Buku Psikologi


Ketika saya masih bekerja diperusahaan ritel, disana pernah mengadakan lomba menulis resensi buku psikologi tahun 2012. Disela-sela kesibukan sebagai recruiter kala itu saya sempatkan membaca bukunya dan mencoba menuliskan dalam bentuk resensi. Kala itu saya memang berharap bisa juara 3 tetapi kenyataanya saya meraih juara 1. Mendapatkan voucher belanja, senang dan bahagia sekali karena lomba itu berlaku untuk seluruh cabang di Indonesia.


Buku Yang saya tulis resensinya

Berikut resensinya :


Resensi Buku


Judul                                      : Tes Psikologi
Judul Asli                               : Psychological Testing
Penulis                                    : Anne Anastasi, Susana Urbina
US. ISBN                               : 0-02-3033085-2
Alih Bahasa                           : Drs. Robertus Hariono S Imam, M.A
Penyunting (Edisi Lama)      : Drs. Benyamin Molan
Penyunting (Revisi)               : Dr. Jatie K. Pudjibudojo, Dra. Suryantini R, Kokoh P. S,Psi
Penyelaras                              : Ria Dwi K
Tata Letak dan Tata Huruf : Agus Widyantoro
Modifikasi Desain                 : Trijanto Hudojo F.X
Penyelaras Akhir                  : Edmundus A. Haryadi
Penerbit                                  : PT. Indeks, Jakarta 2007, cetakan II
Cetakan                                  : I tahun 2002
Tebal                                      : 748 hlm



Herva Yulyanti
NIK : 10103582, Selection Specialist
PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk
Dept. Planning&Development, Ext : 28011
  


"Mengawali dengan biografi sang penulis buku Tes Psikologi ini. Anne Anastasi adalah seorang psikolog Amerika yang telah mencapai reputasi dunia sebagai otoritas pada tes psikologi, khususnya evaluasi dan interpretasi pengujian intelijen, budaya dalam bebas pengujian, dan masalah metodologi pengembangan tes. Dia terkenal karena resolusi yang diusulkannya. Dia memiliki pemikiran yang maju mengenai perkembangan psikologi sebagai ilmu perilaku kuantitatif dan membuat kontribusi yang sangat signifikan terhadap pengetahuan tentang sifat-sifat psikologis dan pengaruh pengalaman dan lingkungan terhadap perkembangan. Buku Pengujian Psikologis Anastasi mulai diterbitkan pada tahun 1954. Dan keempat edisi buku ini muncul pada tahun 1976. Pada tahun 1972 Anastasi menjadi wanita ketiga yang dipilih presiden dari American Psychological Association. Dia dihormati dengan Penghargaan Medali Emas organisasi pada tahun 1984. Presiden Ronald Reagan memberikan gelar National Medal of Science pada tahun 1987 sebagai pengakuan atas prestasi ilmiahnya yang banyak.
Kemudian penulis selanjutnya adalah  Susana Urbina, PhD, adalah Profesor Psikologi di University of North Florida, Jacksonville. Dia adalah rekan penulis dari edisi ketujuh Pengujian teks klasik Psychological Anne Anastasi ini.
Buku Psychological Testing hasil karyanya ini terdiri dari   hal x – xvii; hal 1 – 748 yang meliputi lima bagian dan terdiri dari delapan belas bab dengan rincian bagian pertama : Fungsi Dan Asal Tes Psikologis dengan bahasan Bab 1 Hakikat dan Kegunaan Tes Psikologis, Bab 2 Riwayat Pendahulu Tes Modern. Bagian kedua Prinsip-prinsip Teknis Dan Metodologis terdiri dari Bab 3 Norma dan Arti Skor Tes, Bab 4 Reliabilitas  Bab 5 Validitas; Konsep-Konsep Dasar, Bab 6 Validitas: Pengukuran dan Interpretasi, Bab 7 Analisis Butir Soal. Bagian tiga. Pengetesan Kemampuan  dengan rincian Bab 8 Tes-Tes Individu, Bab 9 Tes-Tes Untuk Populasi Khusus, Bab 10 Tes Kelompok, Bab 11 Hakikat Intelegensi, Bab 12 Persoalan Psikologis Dalam Pengetesan Kemampuan.  Bagian empat  Tes Kepribadian dengan rincian Bab 13 Inventori Kepribadian Laporan-Diri, Bab 14 Mengukur Minat dan Sikap, Bab 15 Tehnik-Tehnik Proyektif, Bab 16 Tehnik-Tehnik Penaksiran Lainnya. Bagian lima Aplikasi Pengetesan dengan Bab 17 Konteks Utama Penggunaan Tes Dewasa Ini, Bab 18 Pertimbangan Etis dan Sosial dalam Pengetesan. 
Demikian garis besar isi buku tersebut yang secara sepintas menunjukkan  fungsi dan asal mula tes psikologi, prinsip-prinsip tekhnis dan metadologis, tes kemampuan dan kepribadian serta aplikasi tes.
 Buku ini memiliki ciri khusus meskipun setiap bab ini memiliki kesinambungan tetapi buku ini mudah untuk dibaca apabila kita tidak memulai dari bab awal. Dengan mudah kita bisa memahami point penting yang akan kita cari dari buku ini. Misalkan saya ingin mengetahui cara untuk menganalisis butir soal dalam tes psikologi. Maka saya hanya perlu melihat daftar  isi lalu menemukan halaman 191 bab ketujuh. Dan akan mudah memahami tanpa harus memulai membaca bab 1.
Setiap pernyataan yang ada dalam buku ini dibarengi dengan adanya literatur sehingga memudahkan pembaca untuk mencari kebenaran pernyataan tersebut. Tidaklah heran apabila kita melihat untuk daftar pustaka yang dihadirkan mencapai 54 halaman. Ini membuktikan si penulis memberikan banyak informasi yang kemudian ia tuangkan dalam setiap paragraf dan halaman. 
Apabila melihat ketebalan buku ini tentunya banyak pembaca yang akan urung untuk membaca buku ini. Tetapi jika kita memulai membaca kata pengantar maka kita akan tertarik untuk melanjutkan halaman berikutnya. Bahasa yang digunakan mudah untuk diterima hanya saja ada beberapa kalimat yang sulit diterjemahkan karena memang buku ini merupakan buku terjemahan dari bahasa asing. Seperti pada halaman 243, paragraf ke-3 disitu tersedia sub-judul “keandalan” ini merupakan kata yang kurang baku dalam kehidupan karena biasanya kita selalu mendengar istilah reliabilitas.
Spasi yang digunakan antar kalimat sangatlah dekat sehingga isi buku ini begitu terlihat sebagai barisan tulisan yang padat dan banyak. Hal ini yang akan membuat pembaca bisa saja kesulitan untuk membaca dengan cepat dan mudah bosan. Ditambah lagi dengan halaman yang begitu banyak sekali. Meskipun materi yang ditawarkan dalam buku ini sangat menarik dan banyak memberikan informasi.
Penggunaan gambar dalam buku ini pun tidak terlalu memberikan efek yang menarik. Gambar-gambar yang ada sebagian besar dicetak dalam warna hitam putih, sebagai contoh : gambar tabel 3-2 hal. 58 Distribusi Frekuensi dengan Rata-rata Sama tetapi variabilitas berbeda, gambar 10-5 hal 314 Beberapa jenis soal yang digunakan dalam tes keterampilan kognitif. Hal ini pula yang bisa mengakibatkan pembaca akan menarik minatnya untuk membaca buku ini.
Sementara buku ini memiliki cover yang berwarna dan tebal sedangkan isinya hanya menggunakan kertas coklat dan tipis yang bisa mengakibatkan kemudahan sobek apabila pembaca terlalu buru-buru dan cepat.
Konsep cover buku ini sangatlah sederhana dan kurang bisa untuk memberikan ketertarikan diawal kepada pembaca. Disertai dengan ketebalan buku yang cukup membuat orang malas untuk membaca.
Buku ini bertujuan untuk membiasakan pembaca dengan dasar-dasar konstruksi tes dan mempersiapkan pembaca untuk secara efektif mengevaluasi tes yang berbeda, memilih tes untuk tujuan tertentu dan memeriksa individu, serta menafsirkan skor dengan benar. Sehingga buku ini sangat dianjurkan untuk kalangan mahasiswa yang sedang mempelajari konstruksi tes. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan pekerja seperti saya yang masih membutuhkan buku ini tak sekedar untuk mereview kembali apa yang sudah saya dapatkan ketika dibangku kuliah namun bisa memberikan inspirasi dalam menentukan pembuatan alat tes yang saya butuhkan dalam pekerjaan saya saat ini.
Bagaimanapun juga buku ini harus dibaca oleh mereka-mereka yang tertarik pada alat tes psikologi. Sayangnya buku ini terlalu banyak teori dan masih menggunakan bahasa yang kurang baku dalam bahasa indonesia. Sekalipun demikian buku ini banyak memberikan informasi yang lengkap mengenai alat tes psikologi . Selamat membaca."
 













 


2 comments:

  1. Keren, Mbak. Bukunya tebel bangeeet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya mba dulu saya baca hanya sub-sub tertentu :)

      Delete

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

 

Bunda Nameera's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design