Thursday, December 10, 2015

Jika ada panggilan telepon dari Perusahaan





Rangkaian recruitment salah satunya adalah pemanggilan tes by phone. Sekedar share yang saya tahu saat menjadi recruiter kala itu.


Panggilan telepon saat status menjadi “Jobseeker” merupakan hal yang paling indah dan dinantikkan. Tentunya setiap saat kita selalu menunggu handphone berdering dari nomor telepon yang tidak kita ketahui. Salah satu ketertarikan perusahaan adalah dengan mencoba untuk mengundang para pelamar yang melayangkan lamarannya kepada perusahaan dengan menelpon pelamarnya untuk mengikuti proses seleksi yang diadakan di perusahaannya. Ada hal yang harus diperhatikan dalam menerima telepon dari sebuah perusahaan. Tentunya anda sebagai “jobseeker” tidak ingin melewatkan moment penting yang menentukkan nasib anda dimasa yang akan datang.

Berikut yang harus anda perhatikan saat anda menantikkan panggilan dari perusahaan :

  •    Pastikkan Handphone anda selalu di cek baterainya, jika anda pengguna smartphone yang suka untuk menggunakan Hp sebagai jejaring social tentunya baterai Hp akan cepat habis. Jangan melewatkan kesempatan hanya karena Hp mati saat tengah-tengah pembicaraan dengan pihak perusahaan yang mengundang anda. Karena belum tentu perusahaan akan menghubungi anda kembali.

  •  Seringkali ketika sedang diluar rumah akan dapat panggilan, Jika anda sedang tidak dirumah pastikkan anda bisa mencatat atau mengingat waktu dan tempat dimana perusahaan mengundang anda. Pastikkan anda tidak salah dalam mengingatnya karena jika anda salah alamat dan waktu ini menyebabkan anda akan telat. Tim seleksi dalam perusahaan biasanya tidak ingin tahu anda telat atau tidak yang jelas datanglah sesuai dengan undangan yang diberikan. Jika anda memiliki kelemahan dalam mengingat sebaiknya anda sering membawa buku kecil atau secarik kertas dan pulpen setiap anda pergi.

  • Manfaatkan kesempatan untuk bertanya ketika anda dihubungi, bertanya mengenai lokasi, waktu, alat tulis, kelengkapan yang harus anda bawa, baju yang harus digunakan, bertemu dengan siapa?hal ini berguna sekali sehingga anda jelas diarahkan oleh pihak security dan receptionist kepada orang yang dimaksudkan sampai dengan nomor telepon yang dapat dihubungi hal ini dimasudkan agar ketika anda kesulitan anda bisa hubungi telepon tersebut guna membantu anda dalam menemukan lokasi karena biasanya kita agak kesulitan untuk menemukan lokasi perusahaan dengan mudah.

  •  Biasanya tim seleksi akan menghubungi anda diwaktu pagi atau sore hari. Jika anda masih belum memiliki kegiatan saat anda menjadi “Jobseeker” ada baiknya pagi hari anda sudah bisa bangun karena biasanya ketika 1x panggilan yang dilayangkan perusahaan itumenggangap anda sudah bekerja. Padahal anda yang belum bangun biasanya dipagi hari perusahaan akan menghubungi anda di pukul 09.00 wib – 11.00 wib jika sore hari sekitar pukul 15.00 wib – 17.00 wib. Jangan lewatkan waktu-waktu tersebut jika anda memang memiliki minat untuk bekerja.

  •  Berusahalah untuk ramah dan sopan dalam mengangkat telepon, hal ini menjadi bahan pertimbangan tim seleksi untuk anda. Berusaha untuk terdengar friendly dan antusias untuk menarik minat tim seleksi yang menghubungi anda. Banyak diantaranya yang sering kali terdengar sinis dan kurang ramah saat dihubungi padahal ini menjadi bahan pertimbangan bagi tim seleksi. Meskipun awalnya anda tidak tertarik dengan perusahaan yang menelepon anda tetapi berusahalah untuk selalu ramah dalam menerima telepon.


Selamat mencoba dan sukses selalu ^^

0 comments:

Post a Comment

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

 

Bunda Nameera's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design