Wednesday, December 30, 2015

Berapa Gajimu?

Ketika kita bekerja salah satu pilihan yang membuat kita tertarik adalah sallary atau gaji yang sesuai dengan keinginan kita. Ukuran besar atau kecil jumlah gaji kita hanya kita sendiri yang memaknainya bukan?janganlah terlalu ambisi untuk mendapatkan gaji yang besar namun kita tidak punya value yang bisa kita jual saat bekerja. Konteks gaji mungkin hanya ada saat kita terikat dalam satu organisasi beda cerita jika kita berwirausaha sendiri. Masalah gaji meskipun hanya terdiri dari 4 kata namun bagi semua orang menjadi hal yang sensitif sekali. Bahkan tiap tahun kaum buruh yang tergabung pasti akan melakukan demo untuk meminta kenaikan gaji. Gaji disini berbicara tentunya uang nak, jumlah uang yang kita dapatkan setelah kita bekerja. Bahkan ada perusahaan termasuk saat ini tempat bunda kerja ada istilah "no work no pay" jika kita ga masuk maka gajinya akan dikurangi hehehe itu konsekuensi setiap perusahaan memiliki aturan berbeda jika ditempat sebelumnya bunda bekerja masuk tidak masuk tetap dibayarkan gaji full. 


Masalah gaji tidak semua orang perlu tahu termasuk teman dekatmu sendiri kecuali kalian nanti berkomitmen tidak akan ribut dan hubungan masih tetap baik-baik saja. Hal ini pernah bunda alami dengan bibi mella, lagi-lagi bibi mella y nak nanti akan bunda ceritakan dalam satu cerita full tentang sosok dia.( Baca Juga : Siapakah Bibi Mella) Dulu awal kami bekerja kami saling mengetahui sallary hingga tahu habis untuk apa mengingat itu sungguh lucu entahlah dulu begitu polosnya kami. Namun seiring berjalannya waktu tak lagi kami mengetahui masing-masing gaji yang kami dapatkan karena tertera jelas dalam payslip "membocorkan akan kena sanksi". Sangatlah sensitif dan menurut bunda pun rasanya kurang sopan jika kita menanyakan "Berapa Gajimu?" kepada pihak lain yang baru masuk. Alasannya menurut bunda untuk apa kita tahu?toh gaji kita juga tidak akan sama jika kita sudah tahu. Dan yang terpenting untuk kau ingat bahwa rezeki kita tidak akan tertukar seperti sandal jepit (hahaha...ini didapat ketika baca meme) betul sekali Allah sudah atur sedemikian rupa itu pasti sudah terbaik untuk kita. Apabila kita tahu misalnya rekan kerja kita yang baru kok gajinya lebih gede dari kita?ingat kembali nak itu sudah rezeki dia. Jangan merasa iri atau langsung membuat kinerja menjadi menurun. Manusiawi memang jika ada perasaan iri tapi tak lantas kita memusuhi hanya karena masalah itu. 

Bunda memiliki pengalaman menarik, suatu ketika bunda ada tugas untuk mewawancarai seseorang mengenai tugas apa yang sudah ia lakukan untuk bunda review. Pada percakapan akhir selalu bunda akan menanyakan "apakah ada yang ingin disampaikan lagi?" lalu dia sebut saja Mr. X bercerita yang bunda lihat ia merasa benar-benar kecewa dengan nada suara turun naik yang memastikan bahwa ia tidak terima dengan gaji yang didapatkan selama ini. "saya ini supervisor tetapi gaji saya itu sama seperti staff, saya ini tahu dari semua supervisor divisi "Z" hanya saya yang paling kecil, saya ga mengerti bla...bla...bla...." apa yang bunda katakan saat itu?dengan tersenyum sedikit tertawalah bunda sampaikan "Mr. setiap orang punya rezeki yang berbeda, jika kita hanya dapatkan dengan jumlah itu terimalah dan bersyukur, jika anak baru mendapatkan lebih besar itu sudah rezeki dia, kalau saya sendiri berfikir begini gaji saya lebih kecil dari anak baru yang sudah saya rekrut, maka saya melihat dari sisi lain ow lingkungan kerja saya menyenangkan (itu juga rezeki), saya bisa ceria dan sehat sampai dengan hari ini (itu rezeki) ada banyak hal yang merupakan rezeki tanpa kita sadari yang ga juga dimiliki orang lain. gitu Mr. gimana? Mr.X : menganguk dan tersenyum benar juga y bu apa yang ibu sampaikan dengan nada yang mulai melunak.

Percayalah anakku, Allah sudah memberikan porsi yang sesuai untuk kita. Intinya adalah Bersyukur, semakin kita bersyukur semakin kita menikmati dan bertambah lagi nikmat-nikmat lain dari Allah.

0 comments:

Post a Comment

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

 

Bunda Nameera's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design